Alldeb Alternatife Baru Untuk Pengguna Offline

Artikel terkait : Alldeb Alternatife Baru Untuk Pengguna Offline

Alldeb Alternatife Baru Untuk Pengguna Offline -  Linux dan Internet memang tidak bisa di pisahkan tanpa internet kita tidak bisa apa-apa di Linux kok bisa? setiap kali ingin menginstall aplikasi di Linux sudah pasti kita memerlukan koneksi Internet untuk mengunduh dependensinya dan alhamdulillah saya tinggal di kota jadi saya tidak perlu bersusah payah untuk mendapatkan koneksi Internet untuk memperbarui Linux saya, tetapi bagaimana dengan orang yang hidup di desa atau hidup dalam keterbatasan Internet pasti ini sudah menjadi masalah.
alldeb alternatife baru untuk pengguna offline, tentang alldeb secara singkat, alldeb adalah, apa itu alldeb, manfaat dari alldeb, cara kerja alldeb.
Alldeb Alternatife Baru Untuk Pengguna Offline

Berbeda dengan Windows kita bisa menginstal aplikasi secara offline tetapi sebelumnya kita harus download dulu seperti aplikasi.exe ya jika anda hidup dalam keterbatasan Internet anda bisa mendownloadnya dengan menggunakan jasa warnet lalu di simpan di flash disk lalu di install di rumah, tetapi bagaimana dengan Linux? pada umumnya semua aplikasi yang di butuhkan Linux sudah tersedia di repository masing-masing distro tetapi kita membutuhkan internet untuk mengaksesnya atau kita bisa dengan mendownload namaaplikasi.deb tetapi tidak semua aplikasi mempunyainya.

Munculah Alldeb sebagai alternatif baru untuk pengguna Linux yang mengalami keterbatasan internet dan ini akan bermanfaat sekali dalam memperbarui sistem Linux dan juga untuk yang lain-lain. Alldeb membuat sama pengalaman komputer kita di Linux dengan di Windows. Instalasi aplikasi di Linux keluarga Debian kini semudah di Windows.

Pengenalan Alldeb

Alldeb adalah program shell script sederhana buatan Nifa Dwi Kurniawan dari Forum Ubuntu Indonesia untuk membantu instalasi aplikasi Debian/Ubuntu tanpa koneksi internet langsung. Konsep alldeb sama dengan exe di Windows atau dmg di Mac OS X. Konsep itu adalah single offline installer. Pengguna cukup mengunduh 1 file untuk 1 aplikasi. Tidak dibutuhkan koneksi internet langsung dari komputer pengguna untuk menginstal aplikasi. Dan instaler aplikasi bisa disimpan untuk diinstal kembali kapan saja. Baik di komputer sendiri maupun di komputer orang lain.

Alldeb terbagi menjadi 2 bagian. Satu alldeb_maker, dan satu alldeb_user. alldeb_maker ditujukan untuk pemaket aplikasi, dalam hal ini saya. alldeb_user ditujukan untuk pengguna paket aplikasi yang telah dibuat, dalam hal ini Anda sekalian. Jadi ada 2 pihak di sini, 1 pihak bertugas membuat paket-paket dan mengujinya dan ada 1 pihak pengguna yang tinggal mengunduh dan memakai saja.

Manfaat dari Alldeb

Dengan adanya alldeb pengguna Linux keluarga Debian sudah tidak perlu cemas lagi saat ingin menginstall aplikasi di Linux karena sudah ada alldeb yang prinsipnya single offline instraller. Berikut ini beberapa manfaat dari alldeb.
  1. Lebih mudah untuk menginstall aplikasi karena prinsip kerja alldeb sama seperti exe, dmg, apk di Windows, Mac Os dan Android.
  2. Tidak perlu memikirkan dependensi-dependensinya ketika ingin menginstall aplikasi cukup dengan mendownload aplikasi.alldeb ini sudah lengkap dengan dependensi yang kita perlukan sudah menjadi satu paket dengan aplikasinya.
  3. Bisa di gunakan kapan saja, sama halnya dengan .exe di Windows ketika kita download aplikasi.alldeb lalu menginstallnya di komputer, kita masih bisa menggunakannya kapan saja jadi kita tidak usah terhubung dengan internet untuk menginstall aplikasi tersebut kembali dengan ini bisa menghemat bandwith internet.
  4. Bisa di bagikan ke teman sesama pengguna Linux Debian/Ubuntu.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai alldeb ini sudah ada webnya yang membahas khusus alldeb bengkelubuntu.org.
Dengan adanya alldeb semakin mudah untuk menginstal aplikasi di Linux dan alldeb membuat sama pengalaman komputer kita di Linux dengan di Windows. Instalasi aplikasi di Linux keluarga Debian kini semudah di Windows. Sekian artikel mengenai Alldeb semoga bermanfaat bagi saya dan juga bagi anda terima kasih sudah membaca dan berkunjung di blog iyungtux.

Artikel Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan Lainnya :

2 komentar:

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik terima kasih sudah berkunjung.

Copyright © 2015 Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan