Mengoneksikan Modem Smartfren AC81B di Linux Mint Rebecca

Artikel terkait : Mengoneksikan Modem Smartfren AC81B di Linux Mint Rebecca

Linux Mint 17.1 Rebecca merupakan versi terbaru dari Linux Mint, namun permasalahan yang saya hadapi masih sama seperti versi sebelum dan sebelumnya yaitu masih belum plug and play pada modem saya. Saya kira dengan versi terbaru modem Smartfren yang saya pakai sudah bisa langsung plug and play pada Linux Mint keluaran terbaru ini, tapi kenyataannya tidak seperti itu masih perlu sedikit kerja keras untuk mengoneksikan modem Smartfren di Linux Mint 17.1 Rebecca.

Uji coba :
  • Linux Mint 17.1 Rebecca.
  • Modem Smartfren dengan type ac81b.

Langkah Kerja

Sudah saya jelaskan diatas saya memakai distro Linux Mint 17.1 Rebecca dan modem Smartfren ac81b, nah untuk pengguna distro selain Linux Mint ataupun menggunakan modem Smartfren dengan type berbeda in-sya allah cara berikut bisa Anda ikuti.

  • Pertama, silahkan masukkan modem Smartfren Anda di dalam port usb di komputer Anda.
  • Kedua, karena untuk mengoneksikan modem smartfren kita akan menggunakan wvdial, jika di Linux Anda masih berlum terinstall wvdial sebaiknya install dulu wvdial'nya dengan perintah "sudo apt-get install wvdial" dengan syarat terkoneksi dengan internet bisa lewat Wi-Fi atau Anda bisa download wvdial.
  • Ketiga, setelah Modem sudah tertancap, silahkan buka terminal lalu ketikkan perintah "lsusb" perintah tersebut berguna untuk melihat modem sudah terdeteksi atau belum.
Mengoneksikan Modem Smartfren AC81B di Linux Mint Rebecca
  • Nah, terlihat seperti gambar diatas "ZTE WCDMA Technologies MSM" modem saya sudah terdeteksi dengan baik.
  • Kemudian, ketikkan di terminal "wvdialconf" yang berguna untuk mendeteksi modem di wvdial.
Cara mengoneksikan modem smartfren di Linux Mint
  • Selanjutnya lihat gambar diatas tepatnya pada baris hampir terakhir terdapat tulisan "Found a modem on /dev/ttyUSB0" nah modem berada pada /dev/ttyUSB0, tidak harus seperti itu setiap komputer bisa berbeda-beda letak modemnya.
  • Silahkan ketikkan perintah di terminal "sudo leafpad /etc/wvdial.conf" sebelumnya di Linux Mint ini leafpad masih belum tersedia Anda juga bisa menggunakan perintah "sudo nano /etc/wvdial.conf"
Copy script berikut :

[Dialer smart]
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Carier Check = no
Modem = /dev/ttyUSB0
Command Line = ATDT
Phone = #777
Idle Seconds = 0
Password = smart
Modem Type = Analog Modem
Stupid Mode = yes
Baud = 460800
New PPPD = yes
Ask Password = 0
ISDN = 0
Username = smart

  • Untuk /dev/ttyUSB0 sesuaikan dengan letak modem Anda.
  • Nah, setelah itu di save ya, untuk nano tekan "ctrl+o", kalau sudah silahkan buka terminal lalu ketikkan perintah "sudo wvdial smart".
Cara mengoneksikan modem smartfren di Linux Mint
  • Jika sama seperti gambar diatas selamat Anda berhasil mengoneksikan modem Smartfren.
  • Untuk disconnet silahkan tekan "ctrl+n" untuk menggunakannya lagi cukup dengan perintah "sudo wvdial smart".

Penutup

Demikianlah artikel ini saya tulis mohon maaf jika ada kesalahan ataupun salah dalam pemahaman saya mengenai artikel ini dan tentunya banyak kekurangan dalam artikel ini saya berharap kepada para pembaca untuk memberikan kritik saran yang dapat membangun agar menjadi lebih baik untuk artikel ini. Sekian dari saya, semoga bermanfaat untuk saya dan juga untuk pembaca, terima kasih banyak.

Artikel Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan Lainnya :

4 komentar:

  1. Asslkm. Slm kenal mas Choyrul. Sy Aji pengguna bru linux. Sy punya masalah dgn pengoneksian modem Smartfren EC1261-2. Tutorial diatas sdh sy jalankan, tp mentok di: Disconnecting dan the PPP daemon has died: pppd options error (exit code = 2). Ssnya: http://tinypic.com/view.php?pic=213rzv4&s=8
    Mhn pncerahannya mas. Trmksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam
      Untuk masalah yang sedang akang hadapi silahkan coba perintah berikut ini di konsole sudo cp /etc/ppp/peers/wvdial.new /etc/ppp/peers/wvdial

      Delete
    2. Trmksh mas, triknya work. (y)
      Btw punya tutorial penggunaan emulator android di linux nggak mas? Buat ngakses whatsapp aja sih. Spek notebooknya jadul, he. HP Mini 110-3500, ram 1 Gb, 32 bits.

      Delete
    3. Selamat kang.
      Saya tidak ada kang biasanya yang banyak digunakan di kalangan pengguna Linux adalah Telegram. Di Kaskus ada threadnya dan untuk penginstalannya silahkan lihat artikel di blog ini.
      Terima kasih banyak.

      Delete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik terima kasih sudah berkunjung.

Copyright © 2015 Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan