Mengenal Permission File di Linux

Artikel terkait : Mengenal Permission File di Linux

Bismillahirrahmanirrahim. 
Kebanyakan sistem berkas memiliki metode untuk memberikan izin atau hak akses untuk pengguna tertentu dan kelompok pengguna. Sistem ini mengontrol kemampuan pengguna untuk melihat atau membuat perubahan pada isi filesystem. Dan di Linux sendiri juga mempunyai File Permission (Hak Akses File) mari simak penjelasannya di bawah ini.

Tiga Jenis Hak Akses File

  1. Read (r) = Akun yg memiliki akses read ini bisa melihat isi suatu file.
  2. Write (w) = Akun ini memilik akses write, dengan kata lain bisa menulis ulang kembali suatu file ataupun menghapus file itu sendiri. Jadi jangan heran kalau file yang kita buat dengan membuat write kepada tiap group maupun other yg diberikan akses write bisa saja akan terhapus.
  3. Execute (x) = Akun ini memiliki akses untuk execute suatu file (File yang dimaksudkan disini adalah program atau script).
Contoh Gambar

Mengenal Permission File di Linux

Sebagai contoh saya mencoba melihat file permission yang dimiliki oleh file Tabel Milimeter.docx, jika dilihat dari gambar tersebut file Tabel Milimiter.docx memiliki info sebagai berikut "-rw-r--r-- 1 iyungtux iyungtux 271457 Mar 23 20:53 Tabel Mimilimeter.docx". Dan akan saya jelaskan untuk membacanya kita memulai membaca dari arah kiri ke kanan

Penjelasan :
  1. Tanda "-" merupakan karakter paling awal yang memberitahu bahwa Tabel Milimeter.docx ini adalah sebuah "file".
  2. Setelah "-" ambil 3 karakter di depannya maka yang Anda akan menemui karakter "rw-" karakter ini memberitahu bahwa file Tabel Milimeter.docx ini miliknya owner atau pemilik file tersebut dalam contoh ini pemilik file ini adalah "iyungtux" yang merupakan user yang membuat file tersebut. "rw-" mempunyai hak untuk membaca dan menulis atau juga bisa menghapus.
  3. Ambil 3 karakter lagi dari "rw-", maka Anda akan menemui karakter "r-" karakter ini menunjukan file permission yang dimiliki oleh user group terhadap file ini. Group iyungtux hanya bisa membaca dala file ini.
  4. Ambil 3 karakter lagi dari "r-", maka Anda akan menemui karakter "r-" karakter ini menunjukkan file permission yang dimiliki orang yang tidak termasuk didalam group biasanya disebut dengan other dan hanya mempunyai akses terhadap file hanya sebatas membaca.
  5. Angka 1 menunjukan jumlah link terhadap file Tabel Milimeter.docx. Karakter berikutnya menunjukkan owner atau pemilik file ini. Dalam hal ini adalah iyungtux. Karakter berikutnya menunjukkan group, yang dalam hal ini adalah iyungtux.
  6. Angka "271457" merupakan ukuran dari file tersebut dalam satuan byte.
  7. Terakhir "Mar 23 20:53" pasti sudah tahu semua kan, jadi tidak perlu untuk saya jelaskan, karakter tersebut menunjukkan waktu kapan saya membuat file tersebut.

Penutup

Demikianlah yang dapat saya sampaikan dalam artikel ini, tentunya banyak kekurangan dan kesalahan kerena terbatasnya pengetahuan yang saya miliki. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi saya dan para pembaca. Terima kasih banyak.

Artikel Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan Lainnya :

0 komentar:

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik terima kasih sudah berkunjung.

Copyright © 2015 Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan