Custom Domain Blogspot ke Domain Indonesia dengan Afraid

Artikel terkait : Custom Domain Blogspot ke Domain Indonesia dengan Afraid

Custom Domain Blogspot ke Domain Indonesia dengan Afraid - Alhamdulillah akhirnya domain saya aktif dan bisa saya gunakan untuk blog kecil ini dan ini merupakan artikel pertama yang saya tulis untuk pembuka blog ini, kali ini saya akan menulis artikel tentang custom domain Indonesia dengan Afraid karena saya rasa sangat penting membuat artikel seperti ini karena pada umumnya untuk domain Indonesia settingnya susah jika di bandingkan dengan domain yang bukan dari Indonesia oleh karena itu saya menulis artikel ini dengan tujuan buat para blogger yang ingin menggunakan domain Indonesia untuk blognya.

Custom Domain Blogspot ke Domain Indonesia dengan Afraid
michellerafter.com


Apa itu Domain ?

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "iyungtux.web.id". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Kenapa Pakai Domain Indonesia ?

Selain harganya yang cukup terbilang murah jika di bandingkan dengan domain top level dunia seperti .com dan lain-lain saya membayar uang sewa domain web.id hanya dengan Rp55.000 untuk jangka waktu 1 tahun. Saya berasal dari Indonesia sudah pasti saya mencintai produk yang ada di dalamnya dan juga saya ingin memperkenalkan kepada masyarakat Indonesia bahwa domain Indonesia juga bisa bersaing dengan doman top level domain.

Custom Domain Blogspot ke Domain Indonesia

Untuk masalah dimana bisa membeli domain yang berkualitas dan juga terpecaya banyak sekali bertebaran di internet, saya sendiri membeli domain .id di http://idwebhost.com/ . Untuk custom blogspot domain indonesia sebenarnya tidak berbeda dengan domain lain seperti .com, hanya saja karena domain Indonesia secara default tidak memiliki fitur manage dns untuk menambahkan Arecord, Cname Record, MX Record, dan lain-lain yang ada hanya setting name server. 

Untuk custom blogspot bila tidak ada fitur manage dns kita bisa menggunakan layanan manage dns pihak ketiga secara gratis seperti afraid atau cloudflare dan lain-lain.

Custom Blogspot Domain Indonesia dengan Afraid

Afraid meneydiakan layanan manage dns secara gratis dengan fitur yang lumayan lengkap, seperti Arecod, Cname Record, MX Record dan lain-lain. Berikut langkah-langkah untuk setting nya :

1. Login ke layanan manage domain anda, lalu ubah Name Server domain anda ke NS affraid yaitu :
  • ns1.afraid.org
  • ns2.afraid.org
  • ns3.afraid.org
  • ns4.afraid.org
2. Silahkan login ke akun blogger anda.
3. Pilih blog yang akan di ganti namanya dengan domain baru dan masuk ke setelan>dasar.


4. Pada bagian "Penerbitan" pilih "+ Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda "

5. Di langkah ini masukkan masukkan nama domain anda pada kolom yang tersedia, format penambahan nama domain harus dengan www, misal www.namadoamin.web.id, lalu klick simpan.
NB : nanti akan muncul error dimana anda diharuskan menambahkan 2 CNAME Record. seperti pada gambar.

6.  Setelah mendapatkan kode cname blogger anda, silahkan akses situs penyedia Manage DNS gratis : freedns.afraid.org.
7.  Daftar disitus tersebut (https://freedns.afraid.org/signup/), atau login bagi yang sudah memiliki account.
8. Setelah berhasil register atau login ke affraid pilih menu "Domain" kemudian tambahkan domain indonesia anda dan submit, contoh : namadoamin.web.id.


9. Kemudian kembali ke menu domain dan pilih "Manage" domain anda, akan tampil menu untuk menambahkan arecord dan cname.


10. Tambahkan record dengan memilih menu "add" dan tambahkan Arecord satu persatu untuk 4 IP google yaitu :
  • 216.239.32.21
  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21

11. Lalu tambahkan Cname Record dengan kode cname yang di dapat dari blogger :



NB : Apabila ada tulisan error saat menginput CNAME bertuliskan: You can’t mix CNAME/A records together using the same hostname. Maka tidak usah di tambahin subdomain CNAME tapi edit saja subdomain yang sudah ada www.namadomain.web.id ubah aja dari Type: A menjadi Type: CNAME.

12. Setelah selesai berikut ini gambarnya.


13. Setting manage dns nya sudah selesai, silahkan anda tunggu 6-7 jam untuk proses propagasi/pointing nya.
14. Setelah proses propgasi selsai silahkan sobat login ke dashboard blogger nya, pilih blog yang tadi, masuk ke Setelan > Dasar > Penerbitan > + Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog anda, ketik URL nama domain baru Anda menggunakan awalan “www” lalu klick simpan.


15. Masih ada 1 langkah lagi yaitu kembali klick Edit, dan centang pada bagian "alihkan domainanda.com ke www.domainanda.com" dan simpan kembali.
16. Selesai silahkan anda coba terlebih dahulu apakah domainnya sudah aktif atau masih belum aktif jika belum aktif silahkan bersihka history browser anda dan jika sudah aktif selamat.

Referensi : http://blog.santi.web.id/2014/10/costum-blogspot-domain-indonesia-dengan_14.html

Berbanggalah menggunakan domain Indonesia, sekian artikel pembuka untuk blog ini mengenai cara custom domain Indonesia dengan Afraid semoga bermanfaat dan jika ada pertanyaan silahkan langsung berkomentar ya terima kasih sudah mengunjungi blog iyungtux.

Artikel Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan Lainnya :

21 komentar:

  1. tutornya ga jelas,, tolong di update yg jelas donk awal sampe akhir

    ReplyDelete
  2. Cara diatas sudah sudah saya sesuaikan dengan apa yang telah saya lakukan itu cara saya kang saat custom domain blog ini di afraid.
    Maaf jika akang masih belum paham, bisa hubungi saya di facebook nanti insya allah saya bantu.

    ReplyDelete
  3. Nah kalau untuk domain .id gimana ya ?

    ReplyDelete
  4. Linux adalah Sistem Operasi Bebas atau Open source, maaf min disini hanya membahas Linux Mint ya.. Kunjungi Tutorial Lengkap Linux

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keluarga Debian tapi lebih spesifik ke Linux Mintnya. Soalnya saya pakai Linux Mint kang.

      Delete
  5. Makasih Kang, trial and error tiap langkahnya, Done!
    Tinggal nunggu pointing nya..
    Mugi-mugi aman...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama kang, semoga bermanfaat.
      Aamiin.

      Delete
  6. NB : Apabila ada tulisan error saat menginput CNAME bertuliskan: You can’t mix CNAME/A records together using the same hostname. Maka tidak usah di tambahin subdomain CNAME tapi edit saja subdomain yang sudah ada www.namadomain.web.id ubah aja dari Type: A menjadi Type: CNAME.

    Caranya ubah Type A ke CNAME gimana? Disini yg belum jelas..
    Sebelumnya makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Antum tinggal klik hostname yang ingin diubah type-nya.
      Tinggal diubah dari A menjadi CNAME

      Delete
  7. yang sudah pada manage domain bagian
    You can’t mix CNAME/A records together using the same hostname dan www ghs.google itu yang sudah
    yasirmaster


    ReplyDelete
  8. Jadi kalo sudah clear semua itu caranya maka otomatis blog yang misal heloindo.blogspot.com bisa berubah jadi heloindo.com? makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya untuk afradi ini khusus untuk domain dengan eksitensi dot id, untuk domain selain ini dapat dicustom melalui tempat Anda membeli domain.

      Delete
  9. makasih kang infonya memberikan pencerahan. btw blognya bagus. salam kenal.

    ReplyDelete
  10. Iyungtux.web.id itu dapat dr afraid? Gratis? Atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Domainnya beli di Idwebhost, nah karena untuk ektensi domain Indonesia di Idwebhost itu tidak menyediakan konfigurasinya dns khusus untuk domain yang ber-ektensi Indonesia mangkanya untuk domain Indonesia konfigurasinya menggunakan afraid biar bisa.

      Delete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik terima kasih sudah berkunjung.

Copyright © 2015 Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan