5 Distro Linux yang Ringan Untuk Komputer Dengan Spesifikasi Rendah

Artikel terkait : 5 Distro Linux yang Ringan Untuk Komputer Dengan Spesifikasi Rendah

Assalamualikum.
Untuk Anda yang ingin memakai Linux satu hal yang tidak boleh Anda tinggalkan, yaitu memilih distro Linux yang tepat bagi diri Anda sendiri kenapa ? Karena banyak sekali distro Linux yang ada, Anda tidak percaya silahkan cek sendiri di distrowatch. Anda akan kaget melihat distro Linux yang begitu banyak, oleh karena itu memilih distro Linux yang tepat akan membuat Anda nyaman bersama Linux, sedangkan jika Anda salah memilih distro Linux, maka yang akan Anda dapat hanyalah ketidakpuasan Anda dengan Linux dan juga membuang waktu Anda dengan sia-sia.
5 Distro Linux yang Ringan Untuk Komputer Dengan Spesifikasi Rendah
sumber gambar : kliwon.linux

Memilih distro Linux yang tepat yaitu, dengan memilih distro Linux yang masih aktif dan masih di dukung oleh pembuatnya, yang banyak penggunanya dan juga tentunya memilih distro Linux yang sangat kompatible dengan spesifikasi komputer yang ada. Sebetulnya poin-poin tersebut sudah tepat, namun yang lebih sangat di rekomendasikan adalah memilih distro Linux yang sesuai dengan spesifikasi komputer yang ada. Tidak jarang saya temui beberapa thread di grup Linux yang ada di sosial media, mereka selalu menanyakan distro Linux apa yang cocok untuk komputer dengan spesifikasi rendah. Oleh karena itu di sini saya mencoba mengulas beberapa disto Linux yang terkenal dengan keringannya namun masih tetap powerful.  

Daftar Distro Linux yang Ringan

Berikut ini beberapa distro Linux yang ringan dan juga bisa Anda jadikan sebagai tolak ukur sebelum memilih distro Linux nantinya.

1. Puppy Linux

Distro Linux Paling Ringan
Langsung diambil dari laman Puppy Linux adalah sistem operasi untuk komputer. Lain sistem operasi terkenal adalah Microsoft Windows, Apple OSX, dan MS - DOS . Puppy Linux didasarkan pada GNU / Linux. Ini benar-benar perangkat lunak bebas dan open source.



Spesifikasi yang dibutuhkan :

  • RAM 256MB.
Anda memiliki komputer dengan spesifikasi rendah mungkin Anda perlu untuk mencoba Puppy Linux.

2. BlankOn Rote

Distro Linux yang Ringan Untuk Netbook
Langsung diambil dari laman blankonlinux.or.id, BlankOn distribusi ini dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Tim Pengembang BlankOn. BlankOn merupakan distribusi linux khas Indonesia yang menyertakan beragam perangkat lunak yang sering digunakan oleh masyarakat pada umumnya, seperti program perkantoran, aplikasi keuangan, aplikasi Internet, menggambar (baik vektor maupun bitmap), dukungan untuk memainkan beragam format berkas multimedia, serta aplikasi menarik lainnya. Sayang sekali BlankOn Rote ini release pada tahun 2012, untuk sekarang BlankOn sendiri sudah pada tahap release BlankOn X Tambora yang masih versi beta. Tapi, tidak ada salahnya Anda mencoba BlankOn Rote ini saya sendiri sudah pernah merasakannya dan sangat luar biasa ringan sekali untuk di jalankan di komputer saya.

Spesifikasi yang dibutuhkan :

  • RAM 256MB.
Anda bisa mencoba BlankOn Rote lalu rasakan sendiri sensasinya.


3. Xubuntu

Daftar Linux yang Ringan dan Stabil
Diambil dari laman Xubuntu adalah sistem operasi yang elegan dan mudah digunakan. Xubuntu Xfce, yang merupakan stabil, ringan dan dikonfigurasi lingkungan desktop. Xubuntu sangat cocok bagi mereka yang ingin hasil maksimal dari desktop mereka , laptop dan netbook dengan tampilan modern dan fitur yang cukup untuk efisien, penggunaan sehari-hari. Ia bekerja dengan baik pada hardware lama juga.
Spesifikasi yang dibutuhkan :

  • RAM 512MB.

Xubuntu memakai desktop Xfce yang dikenal cepat dan cukup ringan.

4. Lubuntu

Distro Linux yang Ringan
Lubuntu adalah sistem operasi yang cepat dan ringan. Inti dari sistem berbasis Linux dan Ubuntu. Lubuntu menggunakan LXDE desktop yang minimal, dan pilihan aplikasi ringan. Fokus pada kecepatan dan efisiensi energi. Karena itu, Lubuntu memiliki persyaratan perangkat keras yang sangat rendah. Lubuntu didirikan oleh Mario Behling dan saat ini terutama dikembangkan oleh Julien Lavergne.

Spesfikasi yang dibutuhkan :
  • RAM 384-800MB.
Lubuntu defaultnya menggunakan desktop LXDE sebagai tampilannya, LXDE sudah dikenal sebagai desktop yang sangat ringan bahkan lebiih ringan dari XFCE.


5. Linux Mint Mate Edition

Linux yang Ringan Untuk Netbook
Linux Mint adalah Linux distribusi untuk komputer desktop, berdasarkan Ubuntu atau Debian. Tujuan dinyatakan adalah untuk menjadi "modern, elegan dan nyaman sistem operasi yang baik dan mudah untuk digunakan". Linux mint mempunyai paket antar muka sendiri yaitu Cinnamon dan Mate. Mate merupakan desktop yang sederhana dan ringan yang dikembangkan dari Gnome 2.

Spesifikasi yang dibutuhkan :
  • RAM 512MB.
Linux Mint dengan desktop Mate ini modern dan juga cukup terbilang ringan. Dari review diatas saya lebih suka dan memilih Linux Mint Mate Edition.

Pesan Saya : Pilihlah satu distro Linux yang membuat Anda nyaman dan tidak usah ganti distro Linux lainnya, cukup satu asal bisa membuat Anda nyaman dan jadilah master di dalamnya.

Penutup

Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi, mengambil beberapa pendapat dari pengguna Linux dan juga saya ambil referensi dari internet yang bertujuan untuk membantu Anda dalam memilih Linux yang cocok dengan komputer Anda, sebetulnya masih banyak beberapa distro Linux yang tidak saya sertakan di artikel ini karena rahasia hehehe. Sekian dari saya terima kasih.

Artikel Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan Lainnya :

11 komentar:

  1. Tanya mas, saya punya netbook hp mini 210, intel atom n450, ram 1 gb. Linux apa ya yang cocok, soalnya saya mau pakai linux pertama kali. makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pakai Xubuntu kang. Kalau pakai Xubuntu masih terasa agak lambat, coba pakai Lubuntu.

      Delete
  2. linux mint untuk core 2 duo apakah ringan?

    https://www.warga.id/

    ReplyDelete
  3. Insha Allah ringan kang, punya saya cuman Intel Celeron Dual Core bisa, tapi kalau mau pakai coba yang desktop Mate kang.

    ReplyDelete
  4. Kunjungi balik, Gan.
    http://themindware.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. thanks gan artikelnya, klo aku paling suka linux mint, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang kalau saya sudah cinta sama Debian :D

      Delete
  6. aku pake linuxmint maya lumayan ringan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak hanya ringan sih, tapi powerfull heheheheh

      Delete
  7. kalau untuk core2Duo ram 2 giga,pake linux mint yg versi berapa yg ringan.? kemarin saya coba Linux min pake notebook acer intel atom,ternyata agak lemot,mungkin karena ram cuma 1giga,ahirnya saya copot lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pakai versi yang terbaru, tapi pakai desktop LXDE atau Mate atau XFCE. Pengalaman saya pakai Linux Mint di Laptop dengan spesifikasi mesin Intel Celeron, Ram 2GB, pakai Linux Mint dengan desktop Mate ternyata lemot kalau buat kebutuhan desain grafis. Sebaliknya saat saya menggunakan Debian dengan desktop KDE malah tidak merasakan adanya lemot sama sekali.

      Ternyata mesin laptop saya lebih cocok pakai Debian

      Delete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik terima kasih sudah berkunjung.

Copyright © 2015 Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan