Pengenalan dan Cara Install Shutter Screenshot Tool di Debian Wheezy

Artikel terkait : Pengenalan dan Cara Install Shutter Screenshot Tool di Debian Wheezy

Diambil langsung dari laman Shutter, Shutter adalah program screenshot kaya fitur untuk sistem operasi berbasis Linux seperti Debian, Ubuntu dan lain-lain. Anda dapat mengambil screenshot dari area spesifik, jendela, seluruh layar Anda, atau bahkan dari sebuah situs web -menerapkan efek yang berbeda untuk itu, menggambar di atasnya untuk menyoroti poin, dan kemudian meng-upload ke situs hosting yang gambar, semua dalam satu jendela. Shutter gratis, open-source, dan berlisensi di bawah GPL v3.

Pengenalan dan Cara Install Shutter Screenshot Tool di Debian Wheezy

Capture

Shutter memungkinkan Anda untuk menangkap hampir apapun pada layar Anda tanpa kehilangan kendali atas screenshot Anda (antarmuka tab). Berikut ini adalah ikhtisar dari apa yang dapat Anda lakukan dengan Shutter :
  1. Capture a Specific Area
    Hal ini memungkinkan Anda untuk memilih layar dan menangkap hanya bagian-bagian yang benar-benar Anda butuhkan.
  2. Capture your Desktop
    Shutter tidak hanya menangkap semua isi desktop Anda (atau ruang kerja), namun shutter juga mendukung pengaturan multi-monitor, misalnya menangkap monitor aktif.
  3. Capture a Window
    Cukup gunakan mouse Anda untuk memilih jendela yang ingin Anda ambil. Shutter akan menyoroti saat pilih jendela dengan cara yang menarik dan mudah.
  4. Capture a Menu or Tooltip
    Ini fitur yang paling saya suka di shutter yaitu Anda dapat menangkap menu atau tooltips sangat mudah. Anda memilih salah satu opsi dan hitung mundur dimulai. Selama waktu ini Anda dapat membuka menu yang diinginkan atau biarkan tooltip tertentu muncul. Shutter akan mengenali dan menangkap itu.
  5. Capture a Website
    Shutter menggunakan gnome-web- foto untuk menangkap sebuah situs web tanpa membuka jendela browser.

Edit

Terutama jika Anda mengambil screenshot untuk menulis tutorial atau manual yang Anda butuhkan untuk mengedit gambar, misalnya menyoroti beberapa bagian dari itu. Dengan Shutter Anda tidak perlu membuka editor grafis eksternal seperti GIMP. Berikut adalah beberapa fitur yang paling penting :
  1. Add Text, Arrows, Rectangles, Ellipses
    Memungkinkan Anda untuk menambahkan primitif (misalnya persegi panjang, garis dll), panah atau teks ke layar Anda. Setiap bentuk dapat disesuaikan dengan mengubah warna, font , dan atau lebar.
  2. Auto-Increment Shape Saat menulis langkah demi langkah panduan orang sering menambahkan tambahan angka di screenshot (biasanya melalui teks). Shutter menawarkan bentuk khusus yang dapat ditambahkan ke layar.
  3. Crop Dilengkapi dengan crop yang dapat mempermudah Anda untuk memotong screenshot. Cukup pilih wilayah dengan mouse atau masukkan dimensi yang diinginkan ke dalam field input .
Contoh Gambar
Cara Install Shutter Screenshot Tool di Debian Wheezy

Cara Install Shutter Screenshot Tool

Secara default setiap distro Linux sudah menyediakan aplikasi screenshot, namun jika Anda ingin memerlukan yang lebih powerfull lagi, maka tidak ada salahnya Anda mencoba menggunakan Shutter dan juga aplikasi shutter tersedia di repository jadi tinggal install saja. Berikut ini cara install shutter di Linux : Debian Wheezy, Ubuntu, Linux Mint, Kali Linux, BlankOn.
  1.  Pertama, Anda membutuhkan koneksi internet.
  2. Kedua, silahkan buka synaptic package karena kita akan install shutter menggunakan jasa synaptic package.
  3. Ketiga, Ketikkan "Shutter" di kotak pencarian, lalu klik mark for installation dan tunggu proses download dan proses install berlangsung.
Catatan
  • Ukuran download Shutter hanya berkisar 8 MB, namun setiap repositori berbeda-beda.
  • Alternatif lain, Anda bisa langsung download shutter melalui laman resminya download Shutter.

Cara Menghapus Shutter Screenshot Tool

Jika Anda tidak puas dengan kinerja dan performa dari Shutter, mungkin Anda bisa menghapusnya melalua cara berikut dengan mudah.
  1. Pertama, seperti proses install, jika Anda ingin menghapus silahkan buka synaptic package ketikkan di kotak pencarian "Shutter" lalu klik mark for complete removal dan tunggu hingga selesai.

Penutup

Sekian dari saya, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan Lainnya :

0 komentar:

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik terima kasih sudah berkunjung.

Copyright © 2015 Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan