Mengatasi Pesan Error Could not get lock /var/lib/dpkg/lock - open (11 Resource temporarily unavailable)

Artikel terkait : Mengatasi Pesan Error Could not get lock /var/lib/dpkg/lock - open (11 Resource temporarily unavailable)

Assalamualikum.
Saya akan membagikan pengalaman saya bersama Linux Mint yaitu mengatasi masalah E: Could not get lock /var/lib/dpkg/lock - open (11 Resource temporarily unavailable) pada saat melakukan update, tepatnya 3 hari yang lalu saya mengalami masalah dimulai dari ketika saya ingin membuka "Software Manager" sudah memasukkan password tapi tidak ujung membuka saya khawatir lalu saya mencoba untuk menjalankan "Synaptic Package" tepat sekali muncul pesan error.


Mengatasi Pesan Error Could not get lock /var/lib/dpkg/lock - open (11 Resource temporarily unavailable)

Kemudian saya mencoba untuk melakukan "sudo apt-get update" dan muncul pesan error seperti ini :
  • E: Could not get lock /var/lib/dpkg/lock - open (11 Resource temporarily unavailable)
  • E: Unable to lock the administration directory (/var/lib/dpkg/) is another process using it?

Tanpa pikir panjang langsung mencari solusinya dengan mengcopy-pastekan pesan error tersebut di google dan muncul beberapa situs yang membahas masalah tersebut. Namun, saya masih belum berani untuk mencobanya, tanpa pikir panjang saya tanyakan masalaha saya ini ke grup Ubuntu Indonesia. Dan dibantu dengan baik akhirnya masalah saya terselesaikan. Pesan dari salah satu member Ubuntu Indonesia dari pesan errornya ("resource unavailable" dan "is another process using it"), ada dua kemungkinan:
  1. Ada 2 atau 3 proses yang berjalan bersamaan, misalnya saat menggunakan Synaptic anda juga menggunakan Software Center dan apt-get melalui terminal. Kalau ini yang terjadi, matikan/close saja proses lainnya dan jalankan hanya Synaptic saja.
    Ket : Saya sudah mencobanya, namun tidak berhasil.
  2. Komputer mati/restart saat dalam proses update (saat menggunakan Synaptic/USC/apt-get). File lock akan tertinggal di /var/lib/dpkg. Untuk mengatasinya hapus saja file locknya "sudo rm /var/lib/dpkg/lock".

Langkah

  1. Buka konsole lalu ketikkan perintah "sudo rm /var/lib/dpkg/lock" setelah melakukan perintah ini silahkan Anda mencoba untuk mengetikkan perintah "sudo apt-get update" jika sudah bisa selamat masalah Anda terselesaikan, namun dalam kasus ini saya masalah seperti ini "E:ProblemwithMergeList/var/lib/apt/lists/extra.linuxmint.com.dists_rebecca_main_i18n_Translation-en
  2. Jika Anda mengalami masalah seperti diatas saat melakukan update silahkan ketikkan perintah "sudo rm /var/lib/apt/lists/* -vf" dan coba lakukan update kembali.

Sekian laporan dari saya heheheh, semoga apa yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi saya dan juga bagi Anda, jika masalah Anda masih belum terselesaikan silahkan hubungi saya atau Anda bisa bertanya di group Ubuntu Indonesia ataupun group Linux yang Ada di Indonesia. Terima kasih banyak.

Artikel Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan Lainnya :

7 komentar:

  1. asslmw...
    bagus ta mas .odt libreoffice?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyallah bagus kang tergantung pada diri sendiri.
      Saya sendiri menggunakan WPS Office kang.

      Delete
  2. Thanks gan, sukses
    back ya https://www.adarateam.com

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik terima kasih sudah berkunjung.

Copyright © 2015 Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan