WPS Office Alternatif Office Untuk Pengguna Linux Mint

Artikel terkait : WPS Office Alternatif Office Untuk Pengguna Linux Mint

Secara default di varian distro Linux sudah terdapat aplikasi perkantoran yaitu Libre Office untuk menunjang kebutuhan kita dalam membuat sebuah dokumen. Libre Office hebat dia gratis dan dokumen yang dihasilkan rapi, namun masih ada kekurangan yaitu masih belum sepenuhnya kompatible dengan Microsoft Office yaitu masih belum rapinya dokumen yang dihasilkan jika di buka dengan Microsoft Office mengingat mayoritas masyarakat di Indonesia menggunakan Microsoft Office.

Ada aplikasi perkantoran selain Libre Office yang tersedia untuk Linux yaitu WPS Office atau Kingsoft Office. 

WPS Office Alternatif Office Untuk Pengguna Linux Mint
WPS Office

Pengenalan WPS Office

Kingsoft Office atau WPS Office adalah sebuah paket aplikasi perkantoran untuk Microsoft Windows, Linux, iOS dan Android OS. dikembangkan oleh sekarang Zhuhai berdasarkan pengembang perangkat lunak Kingsoft Tiongkok. Components include: Kingsoft Writer, Kingsoft Presentation and Kingsoft Spreadsheet.

Kingsoft Office memiliki 2 versi yaitu versi gratis dan versi berbayar, tapi saya sendiri memakai yang versi gratis dan sampai saat ini tidak ada masalah ketika saya membuat dokumen atau tugas lalu membukanya lewat Microsoft Office.

Komponen

  1. WPS Writer
    Perangkat lunak pengolah kata (word processor).
  2. WPS Presentation
    Perangkat lunak untuk presentasi.
  3. WPS Spreadsheets
    Perangkat lunak untuk menghasilkan dokumen yang mendukung fungsi keuangan, statistik, IT, teknik dan lainnya.

Fitur

  • Kompatibel dengan Fedora, CentOS, OpenSUSE, Ubuntu, Mint, Knoppix dan lainnya.
  • Kompatibel Dengan Microsoft Office Mendukung PPT, DOC, DOCX, XLS dan XLSX. dapat Simpan Dokumen Sebagai PDF.
  • Mendukung kedua sistem 32 dan 64 bit.
  • Sepenuhnya kompatibel dengan Microsoft Office.
  • Sekarang Spell check tersedia lebih dari 10 bahasa yang berbeda.
  • Didukung oleh komunitas open source kami.

Kenapa Menggunakan WPS Office ?

Selain gratis, WPS Office mempunyai kelebihan yaitu sepenuhnya kompatibel dengan Microsoft Office dan juga tampilannya yang benar-benar user friendly. Penggunaan yang mudah, namun semuanya tergantung dari pengguna kalau dari saya sendiri saya lebih suka menggunakan WPS Office untuk komputer saya.

Install WPS Office di Linux Mint

WPS Office tidak tersedia di repository jadi harus manual dalam penginstalannya. Untuk pengguna Debian, Ubuntu, Linux Mint dan keluarga Debian bisa menggunakan cara yang sama yang ada dibawah ini.
  • Unduh aplikasi WPS Office langsung dari situs resminya wps office pilih yang versi .deb dan sesuaikan 32bit atau 64bit.
  • Setelah di unduh silahkan masuk ke direktori tempat aplikasi wps office berada. Sebagai contoh saya ketikkan perintah di konsole "cd download" karena aplikasi wps office yang telah saya unduh tadi terdapat di direktori download.
  • Setelah masuk ke direktori download dengan mengetikkan perintah "cd download" pada konsole saatnya melakukan instalasi dengan menggunakan perintah "sudo dpkg -i kingsoft-office_9.1.0.4280~a12p4_i386.deb" sesuaikan dengan nama file tersebut.
  • Selesai.

Demikianlah artikel mengenai WPS Office dari saya. Maaf jika ada kesalahan dalam perkataan dan juga pemahaman yang saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Referensi : http://kingsoft.co.id/linux


Artikel Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan Lainnya :

3 komentar:

  1. Saya sudah instal wpsoffice di ubuntu. ternyata ada beberapa masalah pada spreedsheet
    1. misalnya saya menulis angka besar misalnya 12345 di cell B2 kemudiaan saya buat vertikal maka angka tidak cukup untuk tampil sehingga keluar ####, nah kemudian saya merge cell dari B2 samapai B10 tetap saja angka tidak tampil tetap ##### ini masalah hanya pada angka kalau text bisa.
    2. masalah antara tampilan diketika edit dan print preview berbeda, yaitu misalnya kita ketik text kemudian kolom diatur sesuai dengan panjang text, ketika di print preview ternyata kolom lebih lebar dari text.
    apa saudara sudah mencoba spreedsheet-nya, dan apakah mengalami seperti ini? terimakasih atas balasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kang baru bales. Saya sendiri masih belum mencoba Spreedsheet yang hanya saya gunakan biasanya Writer dan Presentation. Mungkin, itu bug solusinya akang coba unduh versi yang terbaru.

      Delete
  2. Nice post :)
    Kunjungi balik, Gan.
    http://themindware.blogspot.com

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik terima kasih sudah berkunjung.

Copyright © 2015 Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan