Block Situs Tidak Bermanfaat dengan Domain Blocker di Linux Mint

Artikel terkait : Block Situs Tidak Bermanfaat dengan Domain Blocker di Linux Mint

Saat pertama kali menggunakan Linux Mint seperti biasa melihat beberapa aplikasi-aplikasi yang sudah terinstall secara default. Ada salah satu aplikasi yang membuat saya penasaran yaitu Domain Blocker.

Dilihat dari namanya kita sudah tahu apa fungsi aplikasi tersebut yaitu ia bertugas untuk memblock situs yang tidak bermanfaat sesuai keingina kita. Sempat berfikir untuk membuatkan artikel khusus untuknya dan akhirnya pada hari ini keinginan tersebut berhasil terlaksanakan.


Perlu Anda Ketahui

Pada zaman era globalisasi seperti saat ini Internet sudah menjadi barang kebutuhan kita sehari-hari. Dunia Internet sangatlah luas walaupun dia hanyalah sebuah dunia virtual. Semua tersedia di Internet, namun ada hal yang harus diperhatikan mengenai dunia Internet yaitu dampaknya. Dampak yang dimiliki Internet sangatlah besar bagi penggunanya. Umumnya memiliki 2 dampak yaitu Positif dan Negatif.

Situs merupakan bagian dari Internet. Dengan adanya situs ini kita dapat menambah wawasan kita yang pada umumnya di buku itu tidak ada. Dengan adanya Internet kita dapat tahu selak beluk dunia, berita dunia ataupun teknologi tercangih di dunia yang akan menambah wawasan kita menjadi luas. Itu merupakan dampak positif dari sebuah Internet.

Namun, tidak sedikit beberapa situs mempunyai peranan buruk bagi kita yang dapat merusak moral kita. Seperti apa situs yang buruk itu ? Situs yang mengandung konten dewasa, kekerasan, pelecehan sosial, pembunuhan dan sejenis lainnya.

Ketika mengetahui dampak negatif dari Internet tersebut setidaknya kita harus dapat memilih mana yang baik untuk kita ataupun untuk keluarga kita. Karena sudah jelas hal tersebut dapat merusak moral kita apalagi untuk anak remaja yang masih belum bisa memilih mana yang baik ataupun yang buruk untuknya. Pikiran mereka masih labil dan masih mudah untuk dipengaruhi oleh hal-hal buruk tersebut.

Agar semua itu tidak terjadi maka pemerintah harus melakukan beberapa usaha yaitu dengan memberitahu dampak positif & negatif sebuah Internet, atau dengan memblock situs-situs yang bersifat negatif tersebut. Namun tidak perlu menunggu langkah dari pemerintah, kita sendiri dapat memblocknya sendiri dengan bantuan aplikasi Domain Blocker ini.

Apa itu Domain Blocker ?

Seperti biasanya sebelum mencobanya kita harus mengenal aplikasi ini secara luas. MintNanny Domain Blocker adalah antarmuka grafis yang memungkinkan Anda untuk " block " sebuah nama domain. Anda tidak dapat memblokir domain untuk pengguna tertentu atau program tertentu, blok adalah untuk semua orang di komputer dan untuk setiap protokol. Ketika Anda "blok" domain di mintNanny pada dasarnya menambahkan sebuah entri ke file / etc / hosts dan mendefinisikan alamat IP domain sebagai 0.0.0.0 . Hasil ini di komputer Anda tidak bisa berkomunikasi dengan domain tersebut.

Block Situs Tidak Bermanfaat dengan Domain Blocker di Linux Mint

Block Nama Domain dengan Domain Blocker

Anda dapat menentukan sendiri list nama domain yang tidak bermanfaat yang dapat Anda blok yang nantinya bertujuan agar tidak dapat diakses melalui komputer Anda. Buka Domain Blocker di Administration > Domain Blocker. 
Ingat : Untuk menjalankan aplikasi ini Anda harus login sebagai superuser (root).


Block Situs Tidak Bermanfaat dengan Domain Blocker di Linux Mint

Block Situs Tidak Bermanfaat dengan Domain Blocker di Linux Mint

Seperti gambar di atas saya mencoba nama domain yang ingin saya blok maaf ini hanya sebagai percobaan apakah berhasil atau tidak dan maaf jika saya kasih sensor. Dan sekarang saatnya untuk mencobanya di browser dengan mengetikan alamat domain yang telah di blok tersebut.

Block Situs Tidak Bermanfaat dengan Domain Blocker di Linux Mint

Ternyata masih bisa diakses, mungkin kita harus shutdown terlebih dahulu karena saya sudah melakukan proses log out dan mencobanya kembali masih tetap bisa diakses.

Demikianlah ulasan mengenai aplikasi Domain Blocker yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi Anda dan terima kasih.

Artikel Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan Lainnya :

1 komentar:

  1. Saya sudah mencobanya dan hasilnya sama seperti gambar di atas yaitu setelah saya cek list domain yang ingin saya block setelah itu saya reboot dan saya mencoba kembali membukanya lewat browser dan alhasil masih bisa di akses.
    Linux Mint Tips

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik terima kasih sudah berkunjung.

Copyright © 2015 Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan