5 Hal yang Membedakan Linux dengan Windows

Artikel terkait : 5 Hal yang Membedakan Linux dengan Windows

Berbicara mengenai sistem operasi khusus-nya GNU/Linux dan Windows memang sangat seru. Dua sistem operasi ini sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Setiap sistem operasi pasti memiliki ciri khas tersendiri begitu juga dengan Linux dan Windows.

Dengan adanya ciri khas tersebut, maka munculah perbedaan diantara dua sistem operasi ini yang menurut saya saling berlawanan. Ingatlah lingkungan Linux berbeda dengan lingkungan di Windows. 

Jika Anda sedang berada di lingkungan Linux sebaiknya Anda tidak mencoba membawa budaya saat berada di lingkungan Windows karena lingkungan Linux sangat berbeda dengan lingkungan di Windows.




Perbedaan Linux dengan Windows

Perbedaan 1 - Open Source & Close Source

Sistem operasi GNU/Linux merupakan sistem operasi yang bersifat free open source artinya metode pengembangan suatu perangkat lunak dengan membuka source kodenya dan didistribukan dalam suatu format lisensi tertentu yakni GPL (General Public License). Karena Linux merupakan proyek open source, maka distribusi Linux sangat berkembang cepat karena Linux itu bebas untuk dikembangkan oleh siapa saja.

Di lain pihak sistem operasi Windows bersifat close source artinya metode pengembangan sistem operasi ini tidak membuka code dari sistem operasi tersebut. Salah satu contoh lisense yang digunakan oleh sistem operasi Windows yakni  Lisense legalisasi GGWA (Get Genuine Windows Agreement). Oleh sebab itu perkembangan sistem operasi ini masih kalah cepat jika dibandingkan dengan Linux.

Perbedaan 2 - Free Software & Proprietary Rights

Software yang ada di Linux kebanyakan bersifat open source/free software yaitu software yang lisensi-nya mengizinkan siapapun untuk menggunakan, mengubah, menggandakan, dan mendistribusikannya sesuai aslinya atau yang sudah di modifikasi.

Sedangkan software yang ada di Windows pada umumnya bersifat proprietary rights yaitu software yang berbayar tanpa memberikan atau membuka source codenya. Namun, tidak sedikit juga software yang bersifat open source juga tersedia di Windows seperti aplikasi downloader xdman yang tersedia di Linux dan juga di Windows.

Perbedaan 3 - Dikembangkan Personal, Komunitas & Perusahaan

Sistem operasi GNU/Linux lahir dan berkembang melalui komunitas (seperti komunitas Blankon Linux, dan lain-lain) tidak hanya dikembangkan oleh komunitas, bahkan tidak sedikit distribusi Linux yang dikembangkan secara personal atau perorangan oleh sebab itu perkembangan sistem operasi ini begitu cepat dan juga banyak entah ada berapa distribusi Linux yang telah lahir.

Sistem operasi Windows lahir dan dikembangkan oleh perusahaan Microsoft Corporation perusahaan yang didirkan oleh Bill Gates ini merupakan perusahaan software terbesar di dunia yang pernah ada.

Baca juga : 5 distro Linux yang Ringan Untuk Spesifikasi Komputer Rendah.

Perbedaan 4 - Besar di Project Komunitas & Besar di Laboratorium

Seperti perbedaan ke-3, sistem operasi GNU/Linux besar dan berkembang karena komunitas. Di dalam setiap komunitas pasti di dalamnya terdapat kumpulan orang yang ahli dalam hal pemrograman mereka berkumpul secara sukarela dan bersama-sama mengembangkan sistem operasi ini.

Menurut saya sistem operasi Windows ini berkembang melalui perusahaan yang ada ruangan khusus yaitu Laboratorium. Di dalam ruang Laboratorium tersebut terdapat beberapa orang pilihan yang sudah ahli dalam bidangnya yang bertugas untuk mengembangkan, memeriksa, menguji, dan menganalisa yang tentunya orang-orang tersebut dibayar oleh perusahaan Microsoft.

Perbedaan 5 - Kepentingan Sosial & Bisnis

Sistem opersai GNU/Linux dibuat untuk kepentingan sosial yaitu untuk semua pengguna komputer yang ada di seluruh dunia dan tidak meminta biaya kepada pengguna komputer yang menggunakan sistem operasi buatannya tersebut.

Sedangkan, sistem operasi Windows dibuat untuk digunakan oleh pengguna komputer yang ada di seluruh dunia, namun mereka membiayai perangkat lunak yang mereka buat sebelum dapat digunakan oleh pengguna komputer.

Tulisan ini terinspirasi dari buku elektronik yang berjudul "Dengan Open Source Bebas Itu Nyata" yang saya unduh dari teman saya. Sekian yang dapat saya tulis maaf jika ada pemahaman yang salah dari saya mohon untuk Anda betulkan. Terima kasih banyak.

Artikel Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan Lainnya :

2 komentar:

  1. mas saya minat bukunya yang menginpirasi buku artikel ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan kirim email Anda di kotak komentar yaa, nanti tak kirim.

      Delete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik terima kasih sudah berkunjung.

Copyright © 2015 Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan