2 Cara Menambah Font di Debian dengan Mudah

Artikel terkait : 2 Cara Menambah Font di Debian dengan Mudah

Assalamu'alaikum


Membuat dokumen sangatlah harus diperhatikan dengan benar mulai dari penulisannya, kerapiannya, ejaannya, bahasa, dan lain-lain. Salah satunya adalah font (jenis karakter huruf) yang tidak boleh Anda lupakan saat membuat sebuah dokumen. 

Pemilihan font yang tepat akan membuat dokumen Anda memiliki nilai lebih, jika dibandingkan dengan sebuah dokumen yang dibuat menggunakan font yang asal-asalan. Font Arial lah yang sering digunakan oleh khalayak umum di Indoneisa #MyOpini.

Misalkan Anda sedang membuat sebuah dokumen dengan menggunakan sebuah perangkat lunak Libre Office tidak menutup kemungkinan Anda ingin mencari sebuah font yang keren dan bagus.

Anda mencoba mencari daftar font yang disediakan oleh Libre Office, namun sudah Anda jelajahi semua dan Anda masih belum menemukan sebuah font yang sesuai dengan pilihan Anda. Nah Anda dapat menambahkannya secara manual, saat Anda menambahkannya secara otomatis seluluh aplikasi yang ada di distro Linux Anda akan mempunyai font yang telah Anda tambahkan tersebut.

2 Cara Menambah Font di Debian dengan Mudah

Lihat gambar di atas, Anda dapat menginstall font Microsoft melalui distro Linux Anda khususnya yang berbasis Debian dan seluruh turunannya. Lihat di sini. Pada artikel tersebut menjelaskan cara menginstall font Microsoft, namun hanya terdiri dari :
  1. Andale Mono.
  2. Arial Black.
  3. Arial (Bold, Italic, Bold Italic).
  4. Comic Sans MS (Bold).
  5. Courier New (Bold, Italic, Bold Italic).
  6. Georgia (Bold, Italic, Bold Italic).
  7. Impact.
  8. Times New Roman (Bold, Italic, Bold Italic).
  9. Trebuchet (Bold, Italic, Bold Italic).
  10.  Verdana (Bold, Italic, Bold Italic).
  11. Webdings.
Bagaiamana jika Anda menginkan font yang lainnya ? Sangat mudah Anda bisa mengunduh font yang Anda inginkan dibeberapa situs yang menyediakan font secara gratis.
Setelah Anda unduh font yang Anda inginkan dari salah satu situs penyedia font tersebut, sekarang saatnya untuk menambahkannya di distro Linux Anda. Ada 2 cara untuk menambah font di distro Linux, Anda cukup ikuti salah satu saja yang menurut Anda paling mudah untuk diikuti.

1. Menambahkan font tersebut di direktori /.fonts

Menambahkan font dengan meng-copy font tersebut ke dalam direktori .font terletak di direktori /home/user dan terhidden untuk memunculkannya silahkan tekan alt + . untuk pengguna desktop environment KDE. Sedangkan untuk pengguna desktop selain KDE silahkan tekan ctlr + h.

Jika di direktori /home/user Anda tidak terdapat direktori .font, maka Anda dapat membuat direktori tersebut. Dengan cara klik kana pada mouse > create new > folder, lalu beri nama direktori tersebut dengan nama .font ingat pakai titik pada awal namanya.

2 Cara Menambah Font di Debian dengan Mudah

2. Menambahkan font melalui direktori /usr/share/fonts

Seperti yang saya alami direktori .font tidak terdapat di direktori /home/user, maka kita dapat menambahkannya melalui direktori /usr/share/fonts, untuk melakukan langkah ini Anda membutuhkan hak akses root. 

Sebelum memindahkannya misalnya saya mempunyai font LearningCurve.ttf, maka caranya mudah silahkan buka console lalu ketikkan perintah sudo cp LearningCurve.ttf /usr/share/fonts/fontku, direktori fontku ini adalah direktori yang saya buat sendiri.

Seperti itulah 2 langkah untuk menambahkan font di dalam distro Linux dengan cepat dan mudah. Sekian dari saya terima kasih.

Artikel Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan Lainnya :

0 komentar:

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik terima kasih sudah berkunjung.

Copyright © 2015 Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan