Bagaimana Cara Menjadi Seorang Newbie di Linux

Artikel terkait : Bagaimana Cara Menjadi Seorang Newbie di Linux

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Newbie di Linux
Bagaimana Cara Menjadi Newbie artikel ini merupakan tulisan dari Ade Malsasa yang akan saya coba tulis ulang dengan merubah sedikit isinya. Tulisan ini utamanya di tujukan untuk masyarakat Indonesia yang masih newbie atau pemula dalam penggunaan sistem operasi Linux. Tulisan ini diharapkan bisa menjadi 2 landasan bagi anda dalam penggunaan Linux secara mandiri dan mampu berdiskusi secara baik sesama pengguna Linux. Baca juga : Pengertian dan Definisi Linux.


A. Pembukaan

Satu hal menjadi seorang pemula/newbie itu sulit (termasuk saya). Namun setiap kesulitan dan permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Satu hal yang harus Anda pegang adalah seorang newbie itu tetaplah seorang superuser. Seorang pengguna Linux, walaupun newbie, dia adalah superuser. Dia menjadi root setiap harinya. Superuser itu hidup dalam keterbatasan. Superuser sadar dirinya berada dalam keterbatasan. Akan tetapi superuser itu tidak mengeluh. Dia menyelesaikan masalahnya sendiri, dia mampu membantu orang lain yang kesulitan soal Linux, dia juga memikirkan keterbatasan yang ada pada orang lain. Superuser itu anda, diakui ataupun tidak. Maka tulisan ini adalah pengantar bagi superuser.

B. Etika

Satu hal yang harus anda pelajari pertama adalah etika. Menurut Wikipedai, Etika (Yunani Kuno: "ethikos", berarti "timbul dari kebiasaan") adalah sebuah sesuatu di mana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab. St. John of Damascus (abad ke-7 Masehi) menempatkan etika di dalam kajian filsafat praktis (practical philosophy). Berikut ini beberapa etika yang akan saya bahas di bawah ini :

1. Sabar
Pertama adalah sabar, Tidak ada senjata sebesar sabar karena sabar merupakan suatu sikap menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh. Tanpa sabar, seseorang tidak akan pernah menjadi newbie apalagi menjadi ahli. Tanpa sabar, seseorang tidak akan pernah memecahkan masalah. Sadari dulu bahwa Anda pasti menemukan masalah nanti. Maka kesabaran adalah senjata mutlak yang harus ada untuk menghadapinya.

2. Sopan
Kedua adalah sopan, Berperilakulah yang sopan kepada siapapun, kapanpun dan dimanapun anda berada tanpa membeda-bedakannya. Ketika anda mengunjungi sebuah forum atau group Linux bersikaplah yang sopan kepada penghuninya saat anda tidak bertanya ataupun saat anda sedang bertanya dengan bersikap sopan tanpa anda sadari akan membuat anda akan di hargai oleh penghuni forum atau penghuni group.

3. Jangan Sombong
Ketiga adalah jangan sombong, Sejak kecil ketika berada di rumah ataupun berada di sekolah kita sudah pasti di ajari untuk tidak bersikap sombong karena pada intinya bersikap sombong akan menjerumuskan kita kepada kejelakan. Perlu kalian ingat jangan bersikap sombong. Jangan pernah pamer kemampuan yang anda miliki lebih baik membantu sesama, jangan pernah membeda-bedakan orang lain, jangan pernah meremehkan orang lain dan juga jangan merendahkan orang lain.

4. Mulai Belajar dari Hal yang Terkecil
Keempat adalah mulailah belajar dari hal yang terkecil, Belajar dan memulailah dari hal-hal kecil karena dalam hal terkecil akan menuntun anda untuk menjadi besar. Kesalahan umum semua newbie adalah selalu ingin cepat bisa (saya juga pernah seperti itu dan saat ini saya sedang dalam proses belajar agar menjadi lebih baik lagi).

Jika anda pemula, maka berperilakulah seperti seorang pemula. Jangan berperilaku layaknya seorang yang sudah ahli. Anda harus menyadari dahulu bahwa perjalanan menjadi seorang newbie itu penuh dengan masalah.


5. Jangan Tergesa-gesa
Kelima adalah jangan tergesa-gesa, Sudah menjadi hal yang lumrah fenomena seorang newbie selalu ingin cepat bisa tanpa mempertimbangkan sebuah proses yang secara bertahap yang seharusnya di pelajari. Anda harus menyadari dahulu bahwa perjalanan menjadi seorang newbie itu penuh dengan masalah. 

Anda tidak bisa menjadi seorang newbie yang baik hanya dalam sekejap. Segala pencapaian membutuhkan proses, dan segala proses butuh waktu. Jadi bersabarlah. Mulai dari hal-hal kecil, dari diri sendiri, sekarang juga. Lakukan segala latihan sedikit demi sedikit. Lakukanlah, walau sedikit asalkan rutin dan rajin.

6. Hargai Waktu dan Jerih Payah Orang
Ketika saat anda mengalami kesulitan atau menemui masalah saat memakai Linux sudah pasti kalian akan bertanya ke forum ataupun group Linux yang ada dan pastinya anda akan di bantu oleh mereka sampai masalah anda terselesaikan maka ucapkan terima kasih kepada mereka yang sudah membantu anda karena mereka rela meluangkan waktunya begitu banyak untuk Anda. Mereka juga mengeluarkan jerih payah yang luar biasa untuk Anda. Maka berterimakasihlah kepada mereka.


7. Bencilah Keributan

Jika Anda melihat akan ada sebuah keributan, secepatnya tinggalkan diskusi atau langsung saja logout. Hindari segala sesuatu yang bisa mengakibatkan Anda menyesal atau malu sendiri di kemudian hari.

C. Cara Belajar

1. Dengan Membaca
Membaca adalah senjata. Bacalah maka Anda mampu menyelesaikan masalah. Bacalah maka Anda tahu bagaimana mengatasi keterbatasan. Jika Anda sampai hari ini tidak suka membaca, maka paksa diri Anda sekarang juga. Perhatikanlah orang-orang yang aktif menjawab di forum-forum. Mereka tidak pernah terlihat bertanya. Perhatikanlah. Bagaimana bisa begitu? Apakah mereka tidak punya masalah sama sekali? Tidak, pasti ada masalah. Lalu, bagaimana bisa mereka mandiri? Jawabannya karena mereka membaca. Mereka membaca dokumentasi GNU/Linux jika mereka menemukan permasalahan. Mereka mencari dengan Google untuk setiap masalah. Mereka bertanya kepada developer secara langsung jika menemukan masalah.

2. Usaha Terlebih Dahulu

Apa yang dimaksud dengan usaha? Dan bagaimanakah usaha itu? Yang dimaksud dengan usaha di sini adalah googling yakni mencari terlebih dahulu solusi dengan Google lalu mencoba memecahkan masalah yang dihadapi dengan solusi yang ditemukan. Contoh nyatanya adalah ketika Anda ingin menginstall browser google chrome. Bagaimana cara berusaha? Buka Google lalu ketik “Bagaimana cara install google chrome di Linux”. Hasilnya langsung muncul dan bisa langsung diterapkan. Ini namanya usaha. Google itu sangat praktis untuk mendapatkan jawaban secara langsung atas semua masalah yang terjadi pada GNU/Linux Anda. Apa pun masalahnya.

Usaha itu mudah sekali dengan Google. Percayalah, Google itu sangat praktis. Bahkan jika Anda sudah terbiasa, Anda sudah tidak perlu bertanya lagi ke forum atau group Linux karena semuanya bisa Anda temukan dengan Google. Lalu justru Anda menjadi orang yang mampu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di forum atau di group Linux. Kita semua tentu menginginkan hal itu. Anda selalu butuh motivasi dan inisiatif yang besar untuk menjadi newbie.

3. Bertanyalah 
Jika Anda tidak tahu, maka bertanyalah. Orang pertama yang paling bisa Anda tanyai adalah Google. Google itu sangat praktis untuk menyelesaikan masalah. Segala jawaban masalah GNU/Linux dapat ditemukan dengannya. Bertanyalah dahulu kepada Google, lalu jika tidak mencapatkan jawaban, maka barulah Anda tulis pertanyaan di forum atau di group Linux. Bertanyalah dengan membuat judul yang baik, isi pertanyaan yang rinci dan jelas, dan berikan kesan bahwa Anda telah berusaha sebelum bertanya. Ingat, berikanlah kesan bahwa Anda telah berusaha sebelum bertanya.

Cara paling mudah untuk bertanya adalah menyalin-tempel (copy-paste) pesan error di Terminal Emulator Anda ke Google. Gunakanlah Bahasa Inggris untuk bertanya, karena sumber jawaban yang paling lengkap ada dalam Bahasa Inggris. Ini bisa dilakukan pada awal Anda mencari atau setelah Anda tidak menemukan hasil dalam pencarian berbahasa Indonesia. Contohnya sebagai berikut :
  • How to dualboot Debian windows 7 ?
  • How to Install Debian ?
  • How to Install Google Chrome on Debian ?
4. Kenalilah Tempat Bertanya
Anda sekarang menggunakan Linux. Maka Anda sekarang mempunyai banyak tempat bertanya karena prinsip gotong royongnya komunitas. Berikut ini 5 tempat untuk Anda mendapatkantechnical support (baca: solusi) ketika bermasalah dengan Linux.

a.IRC
Internet Relay Chat (IRC) adalah fasilitas chatting zaman dahulu sebelum Friendster ada yang menjadi inspirasi lahirnya hashtag di Twitter, Google+, dan Facebook. IRC memiliki banyak server yang salah satunya (Freenode.net) adalah server khusus open source software. Hampir semua distro dan developer memiliki chatroom (channel) di sana.

b.Forum
Forum adalah lokasi tanya jawab yang fiturnya paling lengkap. Anda bisa memasukkan gambar, video, dan teks yang diformat ke dalam satu pertanyaan. Bahkan, di forum ada yang namanya spoiler (komponen web untuk menyembunyikan gambar/tulisan tertentu).

Contoh forum : http://forum.debian.or.id/ dan http://ubuntu-indonesia.com/

c.Milis
Mailing list (milis) adalah kelompok yang berkomunikasi melalui e-mail saja. Biasanya para senior lebih menyukainya karena memang milis itu sifatnya lebih serius dibanding tempat bertanya yang lain. Contoh milis yang aktif di Indonesia adalah tanya-jawab@linux.or.id.

d.Facebook
Seiring waktu berlalu, milis yang dulunya satu-satunya media untuk diskusi, terkalahkan oleh forum. Forum memiliki server terpusat sehingga pengguna tidak perlu menyimpan bergiga-giga data jika ada puluhan ribu warga aktif di dalamnya, sebagaimana yang terjadi di milis. Jadilah forum lebih disukai kala itu. Namun akhirnya forum pun kalah dengan Facebook karena kemudahan yang ditawarkannya untuk masuk ke forum Linux apa pun dan bertanya. Saat ini, harus diakui kecepatan update tanya jawab di Facebook mengalahkan forum mana pun yang ada di Indonesia. Orang lebih mudah bertanya lewat Facebook daripada forum dan juga saya juga paling suka media sosial facebook di bandingkan yang lainnya.

e.Q & A
Question & Answer Site (Q&A) adalah salah satu jenis web yang tidak seperti forum tidak juga jejaring sosial. Ia dikhususkan hanya untuk tanya jawab semata.

Contohnya : http://ask.debian.net/

5. Ambil Kode Orang, Pelajari, Lihat Hasilnya
Nasihat berharga dari semua senior adalah ambil kode orang, pelajari, lihat hasilnya. Setiap orang yang serius dalam bidang pemrograman pasti tahu nasihat ini. Lalu apakah hanya diterapkan pada pemrograman saja? Tidak. Nasihat ini berlaku untuk semua bidang ilmu komputer teristimewa pada GNU/Linux. Ambil contoh dari orang sebelum kita, lakukan, pelajari hasilnya, lalu ulangi. Lakukan siklus emas ini terus menerus maka Anda bisa menjadi newbie yang baik. Contoh-contoh siklus emas ini adalah:

  • Baca FAQ (Frequently Asked Question) sebelum bertanya di forum. FAQ dibuat untuk Anda, jadi bacalah. Rata-rata pertanyaan newbie sudah dijawab di dalam FAQ jadi tidak perlu menghabiskan sumber daya tambahan karena FAQ sudah cukup lengkap. Itulah mengapa dalam setiap aturan forum pasti ada dokumen FAQ. Contoh FAQ terbaik di Indonesia adalah http://wiki.ubuntu-id.org/.
  • Perhatikan posting orang yang punya masalah sama. Kalau posting tersebut sudah ditandai SOLVED suatu saat, maka itu berarti masalah TERPECAHKAN. Otomatis, jika Anda mengikuti posting tersebut, masalah Anda juga ikut terpecahkan. Keuntungannya dua yakni Anda tidak usah posting apa-apa dan masalah Anda terpecahkan.
  • Cari posting orang yang punya masalah sama. Lakukan dengan Google. Hampir pasti masalah apa pun yang Anda alami dengan GNU/Linux sudah pernah ditanyakan serta diselesaikan. Google telah mengindeks semuanya dan Anda tinggal mencari saja. Keuntungannya tiga yakni Anda tidak usah posting apa-apa, masalah Anda terpecahkan, dan Anda tidak usah memantau posting orang.
6. Mulai dari Mana ?
Mulailah dari bash. Semua orang yang saat ini rutin menjawabi pertanyaan-pertanyaan pemula melakukannya. Bourne-Again Shell (bash) adalah shell yang paling banyak dipakai oleh distro-distro Linux yang ada. Oleh karena itu, mulailah dari bash Anda sendiri dan juga pelajari dasar dasar yang ada di Linux.

Rujukan

  • http://malsasa.wordpress.com/2014/01/05/how-to-become-a-newbie/

D. Penutup

Semoga tulisan ini dapat membantu anda dalam belajar Linux, tulisan ini merupakan tulisan dari Ade Malsasa Akbar saya hanya mengcopynya dan sedikit mengubahnya maaf juga bila tulisan saya sedikit berantakan. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan Lainnya :

0 komentar:

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik terima kasih sudah berkunjung.

Copyright © 2015 Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan