Pengaturan dan Cara Instal VGA SiS Mirage 3 Pada Linux

Artikel terkait : Pengaturan dan Cara Instal VGA SiS Mirage 3 Pada Linux

Pengaturan dan Cara Instal VGA SiS Mirage 3+ Pada Linux
Pada umumnya VGA SiS Mirage ini tidak berjalan dengan baik di Linux, saat pertama kali saya memakai Linux Debian, hanya dapat membaca resolusi yang 1024 x 768 & 800 x 600. Banyak yang berbicara bahwa VGA SiS Mirage ini sedikit tidak cocok dengan Linux, saya tidak tahu ini benar atau hanya mitos saja. 


Cara Instal VGA SiS Mirage

VGA SiS Mirage ini sudah terinstal dan terbaca di Linux coba saja ketikkan perintah "lspci | grep VGA" dan menghasilkan "01:00.0 VGA compatible controller: Silicon Integrated Systems [SiS] 771/671 PCIE VGA Display Adapter (rev 10)" ternyata VGA SiS Mirage sudah terbaca di Linux, namun kenapa resolusinya hanya 1024 x 768 dan 800 x 600. Padahal resolusi maksimal saya 1280 x 800.

Pengaturan dan Cara Instal VGA SiS Mirage 3+ Pada Linux

Langkah Kerja

Pada awalnya saya tidak begitu memperdulikan resolusi di komputer saya, tetapi semakin lama merasakan ketidaknyamanan menggunakan resolusi 1024 x 768 dan akhirnya saya memutuskan untuk bertanya di grup Linux yang ada di sosial media dan akhirnya masalah saya terselasaikan walaupun pada aslinya resolusi komputer saya 1280 x 800 dan menggunakan cara ini saya hanya mendapatkan resolusi maksimal 1280 x 768. Berikut ini langkahnya.
  • Pertama, buka terminal lalu ketikkan perintah "gvim /etc/X11/xorg.conf".
  • Kedua, setelah mengikuti langkah di atas silahkan copy pastekan kode di bawah ini dan jangan lupa untuk di save dan langsung di reboot.
  • Ketiga, kodenya saya upload ke http://pastebin.com/AU5Hwr5d.
Pengaturan dan Cara Instal VGA SiS Mirage 3+ Pada Linux
  • Lihat contoh gambar di atas lalu save as dan reboot.
  • Setelah reboot, coba ke pengaturan display dan ganti menjadi resolusi tertinggi.

Pengaturan dan Cara Instal VGA SiS Mirage 3+ Pada Linux

Catatan :
  • Ini hanya untuk pengguna VGA SiS Mirage yang tidak mendapatkan resolusi terbaik di Linux dan juga untuk resolusi maksimum lebih dari 1280 x 800 saya tidak tahu apakah menggunakan cara ini berhasil atau tidak.
  • Perocbaan menggunakan Linux Debian Wheezy jadi untuk Ubuntu, Linux Mint, Kali Linux untuk caranya insyallah hampir sama.
  • Saya tidak bertanggung jawab jika tutorial yang saya tulis ini berdampak positif ataupun negatif bagi Anda, semua akibat yang akan muncul di tanggung sepenuhnya oleh Anda.


Penutup

Semoga apa yang saya tulis hari ini bermanfaat bagi saya dan juga bagi Anda. Sekian tutorial singkat mengenai pengaturan vga sis mirage di Linux, semoga bermanfaat dan terima kasih banyak.

Artikel Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan Lainnya :

3 komentar:

  1. thanks gaaaan :v !!!!
    work,
    recommendeed !!!

    ReplyDelete
  2. ini punya saya pake windows tapi ndak cocok, resolusi jadi rendah. bisa diatasi kah?

    ReplyDelete
  3. trims ya Kang, menolong sekali :)

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik terima kasih sudah berkunjung.

Copyright © 2015 Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan