Internetan Cepat Tanpa Lelet Menggunakan Smartfren

Artikel terkait : Internetan Cepat Tanpa Lelet Menggunakan Smartfren

Terima kasih sebelumnya Anda sudah memasuki situs ini dan kebetulan sedang membaca tulisan ini. Sebelum melanjutkan tulisan ini sebetulnya ini hanya dari pengalaman saya selama kurang dari 1,5 tahun menggunakan Smartfren. Ingat tulisan ini bukan merupakan promosi atau melebih-lebihkan provider Smartfren sebaliknya tulisan ini 100% murni pengalaman langsung dari saya yang saya kategorikan sebagai sebuah catatan saya.

Tulisan ini hanya akan membahas mengenai performa dari provider Smartfren saat digunakan untuk berinternetan.

Untuk Siapa ?

  • Pengguna provider Smartfren.
  • Untuk yang masih bimbang atau ragu untuk menggunakan provider Smartfren.


Latar Belakang

  • Sebagian besar Masyarakat Indonesia menggunakan provider Smartfren untuk berinternetan.
  • Banyak yang mengkritik dari pengguna Smartfren "Bahwa Smartfren itu lelet, lambat dan sebagainya".
  • Banyak yang tidak tahu ada sedikit tips dan trik agar saat berinternan menggunakan Smartfren tidak akan mengalami lelet atau lambat.

Tujuan

  • Agar mendapatkan kenyamanan saat berinternetan menggunakan provider Smartfren.

Pengenalan

Smartfren (PT Smartfren Telecom Tbk, pernah dikenali sebagai Smart (PT Smart Telecom Tbk) dan Mobile-8 (PT Mobile-8 Telecom Tbk)) adalah operator penyedia jasa telekomunikasi berbasis teknologi CDMA yang memiliki lisensi selular dan mobilitas terbatas (Fixed Wireless Access/FWA), serta memiliki cakupan jaringan CDMA. Smartfren menggunakan teknologi EV-DO (jaringan mobile broadband yang setara dengan 3G) pertama di Indonesia.

Awal 

Semuanya berawal saat saya membeli sebuah handphone Android Smartfren yang mengharuskan penggunanya untuk berinternetan menggunakan kartu Smartfren walaupun Android ini mendukung GSM-CDMA, tapi GSM-nya tidak bisa digunakan untuk berinternetan.

Berawal membeli paket internet seharga Rp 10.000 dan mendapatkan kisaran kuota 250MB untuk 7 hari. Belum sampai 7 hari kuota tersebut sudah habis dan saya hanya bisa geleng-geleng kepala. Keesokan harinya saya menyempatkan membeli voucher Smartfren seharga Rp 50.000. Dan saya mencoba memaketkan paket yang Unlimited (paket legendaris dan paket yang paling banyak digunakan oleh pengguna Smartfren), namun tidak bisa karena paket sebelumnya masih belum habis.

Dan untuk menghabiskan paket tersebut saya gunakan untuk melihat streaming Youtube untuk menghabiskan paket sebelumnya. Tidak tahu kenapa mungkin ini bukan hari saya pulsa saya juga ikut berkurang dari 50.000 menjadi 30.000 dan alhasil tidak memenuhi syarat untuk membeli paket internet yang unlimited.

Dari kejadian peristiwa di atas membuat saya sekali lagi harus membeli paket internet dengan harga Rp 10.000 dengan kuota 250MB, menggunakan paket ini saya betah karena saya tidak merasakan sama sekali yang namanya lemot dan sebagainya ketika berinternetan. Hanya berselang 3-4 hari kuotanya sudah habis. 

Langsung saya skip ya kalau di ceritakan cukup panjang hehehehhe. Berikut ini merupakan screenshot dari kecepatan internet modem Smartfren yang saya gunakan.


Internetan Cepat Tanpa Lelet Menggunakan Smartfren
Screenshot :
  • Screenshot langsung diambil dari komputer saya dan saya tes kecepatannya melalui speedtest.telin.co.id/ pada hari Sabtu, 16 Mei 2015.
  • Kecepatan unduh 2669 kbps (333.6 KB/sec transfer rate).
  • Kecepatan upload 1278 kbps (159.8 KB/sec transfer rate).
Ada sedikit beberapa screnshoot dari saya mengenai kecepatan unduh dari modem Smartfren yang berhasil saya ambil beberapa waktu lalu.

Internetan Cepat Tanpa Lelet Menggunakan Smartfren
  • Gambar di atas saya ambil kisaran 1 bulan yang lalu saat saya mengunduh distro Linux.
  • Saya menggunakan aplikasi download manager yaitu xdman untuk mengunduh file iso tersebut.
  • Waktu unduh pada pagi hari.
Melihat screenshot di atas apakah Anda percaya ? Percayalah bahwa itu nyata saya sendiri yang mengalaminya. Lantas bagaimana caranya ? Tenang. Saya akan memberitahu Anda bagaimana saya melakukan semua itu.

Ketahuilah beberapa Faktor di bawah ini 

Saya yakin tidak hanya Smartfren saja, melainkan semua provider juga sama memiliki beberapa faktor yang sama persis yang nantinya akan mempengaruhi kecepatan internet Anda. Berikut saya membagi 3 beberapa faktor yang sangat penting mempengaruhi kecepatan dan kestabilan koneksi internet Anda.
  1. Daerah Anda sudah didukung atau tidak ?
  2. Paket yang Anda gunakan.
  3. Modem yang Anda gunakan.
Faktor Pertama : Daerah Anda sudah didukung atau tidak ?
  • Sengaja saya letakkan pertama karena ini merupakan point yang paling penting dari 3 faktor tersebut. Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan provider Smartfren hal yang harus Anda perhatikan adalah apakah Smartfren sudah mendukung untuk lokasi Anda. Jika lokasi Anda masih belum didukung oleh jaringan Smartfren maka untuk koneksi internet Anda akan mengalami kesusahan, lemot dan lain-lain atau bahkan Anda tidak akan mendapatkan sinyal dari jaringan Smartfren. Berbeda dengan sebaliknya yaitu jika lokasi Anda sudah didukung/dijangkau oleh jaringan Smartfren saya yakin Anda akan mendapatkan koneksi internet yang cepat dan stabil.
Internetan Cepat Tanpa Lelet Menggunakan Smartfren
Gambar di atas merupakan daerah yang telah dijangkau oleh jaringan Smartfren. 
NB : Peta Cakupan Network Smartfren ini, dibuat berdasarkan perhitungan prediksi teknikal yang bertujuan untuk memudahkan pelanggan mendapatkan informasi. Cakupan kenyataan di lapangan dapat berbeda dikarenakan kepadatan pengguna dalam satu wilayah, teknologi yang tersedia pada wilayah tertentu, topografi, lokasi penggunaan, perangkat yang digunakan, dan jenis layanan yang digunakan.

Faktor Kedua : Paket yang Anda gunakan ?
  • Point yang kedua adalah berhubungan dengan paket yang digunakan. Selain faktor pertama di atas, faktor kedua ini mengambil peran penting dalam hal kecepatan koneksi internet. Ada 3 jenis paket internet yang saya ketahui yaitu My Smartplan, Unlimited dan Volume Based. Dari ketiga paket ini manakah yang memiliki kecepatan koneksi internet tercepat ?
  • My Smartplan : Selama menggunakan Smartfren saya tidak pernah membeli paket ini jadi intinya saya tidak tahu. Namun saya tahu persis paket ini menggunakan sistem kuota.
  • Unlimited : Paket yang paling banyak digunakan oleh pengguna Smartfren. Kok tahu ? ini hanya penilaian saya saja. Di sekolah saya tanya ke teman pakai paket apa pasti jawabnya adalah Unlimited, di rumah juga sama, di sosial media juga sama. Pada akhirnya saya beranggapan bahwa sebagian besar pengguna Smartfren menggunakan paket Unlimited. Ingat Unlimited bukan sepuasnya. Smartfren memberikan batasan bagi pengguna Unlimited yaitu FUP sebesar 1,5 GB. FUP adalah singkatan dari Fair Usage Policy, terjemahannya adalah kebijakan penggunaan wajar. Biasanya sebuah ISP itu memberlakukan kuota FUP pada layanan koneksi internet "unlimited" mereka, jadi walaupun namanya unlimited alias tanpa batas.
  • Volume Based : Paket ini merupakan paket yang saya pakai sampai saat ini dan paket ini merupakan paket andalan saya untuk upload dan unduh. Sama seperti paket My Smartplan yang memakai sistem kuota. Dalam paket Volume Based juga menggunakan sistem kuota.
Siapa yang paling cepat ?

Paket My Smartplan

Internetan Cepat Tanpa Lelet Menggunakan Smartfren
Paket My Smartplan merupakan penyempurnaan dari layanan Smartplan terdahulu dimana paket ini menawarkan fitur kostuminasi jumlah kuota berdasarkan paket yang dibeli. Pelanggan dapat mengatur sendiri besar kecilnya kuota Data, Telpon dan SMS yang didapat dalam satuan unit value. Pelanggan dapat mengurangi dan menambahkan besar kecilnya kuota dengan menyisakan minimum 1 unit value.
Kecepatan :
  • Kecepatan Layanan Internet My Smartplan adalah 3,1 Mbps.
Paket Unlimited
Internetan Cepat Tanpa Lelet Menggunakan Smartfren
Layanan Paket Internet Unlimited yang dibatasi dengan FUP. FUP menyesuaikan dengan jenis paket unlimited yang diambil.

Internetan Cepat Tanpa Lelet Menggunakan Smartfren

  • Kecepatan layanan Internet Unlimited Smartfren adalah 512 Kbps (Unduh) dan 256 Kbps (upload) itu saya ambil dari harga paket yang paling mahal.
Paket Volume Based


Internetan Cepat Tanpa Lelet Menggunakan Smartfren

Paket Volume Based ini sama halnya dengan layanan paket my smartplan yang membedakannya ialah pada paket volume based ini tidak bisa dicustom berapa kuota data yang akan dibeli. Layanan paket volume based ini menggunakan data kuota. Untuk pembelian layanan volume based ini dimulai dari harga Rp 60.000-Rp 150.000 Anda akan mendapatkan bonus kuota sebesar 12GB pada jam 01.00-07.00 WIB.

Internetan Cepat Tanpa Lelet Menggunakan Smartfren
  • Untuk harga layanan volume based dari Rp 2.000 sampai Rp 200.000 mempunyai kecepatan 14,7 Mbps (unduh) dan 5,4 Mbps (upload).
Dari ketiga layanan paket di atas sudah pasti dan jelas layanan paket volume based yang tercepat. Jadi pada intinya layanan paket juga berpengaruh dalam kecepatan koneksi internet. Dan saya sendiri menggunakan layanan paket volume based.

Faktor Ketiga : Modem yang Anda gunakan.

Faktor ini tidak terlalu penting yang terpenting adalah faktor pertama dan kedua, namun faktor ketiga ini masih memiliki manfaat untuk mendukung kecepatan koneksi internet Anda. Ada 2 jenis modem pada Smartfren yaitu Rev. A dan Rev. B. Kedua jenis modem tersebut sangat memiliki perbedaan yang menurut saya terbilang cukup jauh.
  • Modem Rev.A
    merupakan evolusi dari versi Rev 0 yg memiliki kecepatan download 3,1 Mbps dan upload 1,8 Mbps. Untuk modem Smartfren berjenis Rev.A modem ini hanya dapat mendukung kecepatan 3,1 Mbps (unduh) dan 1,8 Mbps (upload) tidak bisa mendukung kecepatan tersebut jika kecepatan paket yang Anda gunakan adalah 14,7 Mbps (unduh) maka modem Rev.A ini hanya dapat mendapatkan kecepatan tidak lebih 3,1 Mbps.
  • Modem Rev.B
    Berbeda dengan modem Rev.A. merupakan langkah evolusi Rev A yang terdiri dari upgrade software yang menggabungkan beberapa EV-DO Rev A channel untuk memberikan kinerja yang lebih tinggi untuk pengiriman multimedia, bi-directional pengiriman data dan VoIP berbasis layanan bersamaan seperti VoIP, push-to-talk, video telephony, suara dan multimedia secara simultan, dan multiplayer online game. EVDO Rev B memiliki kecepatan download 14,7 Mbps dan upload 5,4 Mbps. Saya sendiri menggunakan jenis modem Rev.B
Dengan melihat 3 faktor di atas ini, saya ingin kalian dapat mendapatkan koneksi internet yang cepat dan tentunya stabil. Jadi Anda tidak akan mengeluh kembali mengenai kecepatan koneksi internet dari Smartfren.

Penutup

Jangan lupa untuk dibagikan sesama pengguna Smartfren ya. Pada intinya tips & trik ini 100% aman untuk Anda gunakan. Jadilah pengguna yang memiliki pola berfikir yang cerdas dan kreatif. Sekian dari saya dan terima kasih.


Artikel Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan Lainnya :

23 komentar:

  1. maaf mas, mau tanya, klo mas pake yg volume based kuotanya cepat abis apa cukup untuk sebulan?

    saya pengguna smartfren unlimited 100 ribu, yg kuota FUP Nya 5 GB. itu aja bisa habis FUP 5GB dalam seminggu, terus speednya jadi amat sangat lemot klo FUP udah abis, ampe dedek banget.
    pengen ganti volume based klo memang lbih cepet, tapi kuatir misal ambil yg 9Gb , klo 5GB FUP aja bisa abis sminggu (padahal ngga download film/ program/ apapun yg berat2, setiap hari cuma buka email , buka FB, sama browsing2 google n beberapa website aja. tapi tiap buka FB aja udah makan kuota 100MB an, spertinya si smart sengaja bikin kuota FUP cepet abis).

    Nah klo saya ambil volume based kuota 9GB, bisa2 cuma bertahan 2 minggu.

    Makanya saya mau tanya pengalaman mas pakai volume based itu bisa bertahan sampe sebulan ga, dan kalo kuota udah habis apa bonus internetan di jam 1.00-7.00 wib masih bisa dipake?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akang pengguna Desktop atau Mobile ? Kalau akang pengguna Mobile saya rasa 2GB cukup hanya sekedar untuk browsing selama 1 bulan, tapi kalau akang penguna Desktop saya rasa 2GB untuk 1 bulan tidak akan cukup, saya sendiri sudah mencobanya. Untuk saat ini saya sudah mengganti paket saya, yaitu saya menggunakan Paket Volume Based yang harganya 100 (5GB + 12GB).

      Walaupun kuota habis, tapi bonus internetan yang 12GB tidak habis kang kan itu sampai 1 bulan.

      Delete
  2. Saya pake M2Y...
    Baru isi kuota yang 100rb 5G+12G(bonus malam)
    Di pake browsing lemot abis kang...kadang konek kadang engga
    Download awalnya emang kenceng 200/kbps lama kelamaan ampe 20/kbps
    Tolong di bantu gan...
    Cara ganti jadi Rev.B gi mana gan?
    Soalnya saya EVO
    maklum newbie gan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada perbedaan antara Rev A dengan Rev B di mana untuk Rev A kecepatan maksimal download 3,1 Mbps dan untuk upload 1,8 Mbps, sedangkan untuk Rev B kecepatan maksimal mencapai untuk download 14,7 Mbps dan upload sampai 5,4 Mbps.

      Nah untuk paket semua Volume Based, Smartfren menyediakan kecepatannya untuk download 14,7 Mbps dan upload 5,4 Mbps, nah inilah perbedaan antara teknologi Rev A dengan Rev B, di mana sudah saya jelaskan tadi di atas bahwa Rev A kecepatan maksimalnya hanya 3,1 Mbps dan 1,8 Mbps, jadi ketika Anda menggunakan paket Volume Based Anda tidak akan mendapatkan kecepatan maksimal dari paket tersebut karena modem yang Anda pakai (Rev A) hanya mendukung kecepatan sampai 3,1 Mbps dan 1,4 Mbps. Ini berbeda dengan Rev B dengan menggunakan modem yang sudah berteknologi Rev B, maka Anda bisa mendapatkan kecepatan maksimal dari paket tersebut.

      Soal lemot ada beberapa faktor yang mempengaruhi antara lain; paket internet yang digunakan, dukungan provider pada daerah Anda, dan kekuatan sinyal yang didapatkan. Untuk cara ganti ke Rev B saya tidak tahu karena antara Rev A dan Rev B ada komponen yang berbeda, jika Anda ingin menggunakan Rev B silahkan untuk membeli modem yang sudah berteknologi Rev B.
      Terima kasih.

      Delete
  3. gan mau tanya kalo smartfren paket unlimited FUP dah abis, berapa kecepatan yang di berikan pihak smart,,
    terima kasih

    ReplyDelete
  4. dari pada bisa internetan tapi lemot banget lebih baik ga sama sekali buang2 waktu saja.heu3

    ReplyDelete
  5. mau tanya kalo buat browsing lancar jaya, buat streaming juga lancar, tp kalo buat download awalnya lancar kemudian speed menurun hingga terjun bebas sampai2 gagal download, kenapa ya? apa settingan PC nya atau apa, makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin adanya gangguan dari server tempat Anda mengunduh file tersebut atau Anda dapat menanyakan masalah Anda kepada pihak Smartfren.

      Delete
  6. Kalo mau menaikan kecepatan unlimited yg kuota fud udah habis gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, coba lihat di halaman resmi smartfren ada panduannya.

      Delete
  7. Numpang smartfren bagi yang suka bagadang sangat-sangat cocok karena mulai 1 subuh sampe 7 pagi bisa pake bonus 12 GB tapi kalau 5 GB dengan bonus 2 GB cuma untuk siang memang rasanya sangat cepat habis mungkin 4g ltenya buat nonton sekaligus beberapa memang cepa tapi konsekw ada quota juga cepat habis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibatasi saja penggunaannya hehehhe biar gak cepat habis kuotanya.

      Delete
  8. Gejusss, ngapusi iku wong. Lelet tetep lelet. .. Tukang promo tuh admin.a

    ReplyDelete
  9. Min cara beli paket internet volume based gimana ya? Tolong dijawab ya min ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya biasanya langsung menggunakan aplikasi Mysmartfren di smartphone saya.

      Ini unuk volume based dengan kuota 2GB+12GB

      Internet(spasi)Vol60rb

      *123*3*9*60

      Untuk yang harga 100rb dengan rincian kuota 5GB+12GB

      tinggal ganti Vol100
      kirim *123*3*9*100

      Info selengkapnya http://www.smartfren.com/id/data-service/

      Delete
  10. Maaf mas saya pengen share infomasi mengenai cara berintertan ria dengan smartfren, awalnya gw pake Internet volume tapi entah kenapa gw tuh orngnya gatel kalo liat video youtube terbaru dri youtubers favorit gw so otomatis kuota jdi boros. Akhirnya gw pindah paket ke internet unlimited yang sebulan 60 ribu dan hasilnya tetep sama baru 2 hari dah abis fupnya -_- dan gw ngeliat tuh menu "ADD ON" pas kita mau beli paket unlimited akhirnya gw pencet dan di situ ada tulisan "BOOSTER" dari 512Kb-3.1Mb gw beli deh yang 3.1MB seharga 20.000 saja dan dari situ kita bisa internetan lagi sepuasnya tanpa khawatir akan fup habis tapi kecepatannya di batasi hanya 3.1Mbps gw pikir ini lebih baik daripada gw beli yang 100.000 volume

    Semoga triknya dapat membantu :)

    https://facebook.com/creator.samp.server

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak gan atas infonya

      Delete
    2. Bukannya ada FUP juga ya BOOSTER nya

      Delete
    3. Ada kok tenang aja, kalau sudah melewati batas maksimal FUP masih bisa menggunakan layanan Booster untuk mengembalikan kecepatan koneksi internet.

      Delete
  11. Maaf mas saya pengen share infomasi mengenai cara berintertan ria dengan smartfren, awalnya gw pake Internet volume tapi entah kenapa gw tuh orngnya gatel kalo liat video youtube terbaru dri youtubers favorit gw so otomatis kuota jdi boros. Akhirnya gw pindah paket ke internet unlimited yang sebulan 60 ribu dan hasilnya tetep sama baru 2 hari dah abis fupnya -_- dan gw ngeliat tuh menu "ADD ON" pas kita mau beli paket unlimited akhirnya gw pencet dan di situ ada tulisan "BOOSTER" dari 512Kb-3.1Mb gw beli deh yang 3.1MB seharga 20.000 saja dan dari situ kita bisa internetan lagi sepuasnya tanpa khawatir akan fup habis tapi kecepatannya di batasi hanya 3.1Mbps gw pikir ini lebih baik daripada gw beli yang 100.000 volume

    Semoga triknya dapat membantu :)

    https://facebook.com/creator.samp.server

    ReplyDelete
  12. Pagi Mas,
    COPY JADI JAWABAN MAS Saya biasanya langsung menggunakan aplikasi Mysmartfren di smartphone saya.

    Ini unuk volume based dengan kuota 2GB+12GB

    Internet(spasi)Vol60rb

    *123*3*9*60

    Untuk yang harga 100rb dengan rincian kuota 5GB+12GB

    tinggal ganti Vol100
    kirim *123*3*9*100

    Info selengkapnya http://www.smartfren.com/id/data-service/



    YANG saya tanya perbedaan Paketin lewat Aplikasi Mysmartplan dengan SMS,

    lebih bagus mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bales gan.

      Sama saja sih gak ada bedanya.

      Tapi lebih efisien kalau menggunakan MySmartplan.

      Delete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik terima kasih sudah berkunjung.

Copyright © 2015 Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan