144 Jam Menjelajahi Fitur di Blogsaya.com

Artikel terkait : 144 Jam Menjelajahi Fitur di Blogsaya.com

144 Jam Menjelahi Fitur di Blogsaya.com

Internet merupakan salah satu fenomena paling berpengaruh dalam beberapa dekade terakhir ini, baik untuk perkembangan teknologi itu sendiri maupun bagi perkembangan disiplin ilmu. Internet merupakan terobosan teknologi yang menurut saya super canggih sehingga memudahkan kita untuk memenuhi kebutuhan pada saat ini, salah satunya kemudahan dalam berkomunikasi dan mengakses informasi.

Arus perkembangan informasi seperti saat ini sudah sangat luas yang tidak mengenal ruang dan waktu. Kemudahan dalam mengelolanya, mencari sebuah informasi sangatlah mudah dapat kita temukan dari media apapun yang ada seperti sekarang ini.

Seberapa sering Anda mencari sebuah informasi menggunakan internet ? Sering, itu kalau saya. Mencari informasi menggunakan internet sangat mudah yang bisa dilakukan kapan saja, dan di mana saja yang terpenting adalah kita dapat terhubung dengan jaringan internet.

Saat kita memanfaatkan internet untuk mencari informasi, maka dapat dikatakan bahwa kita telah memanfaatkan Media Online. Di sini media dapat diartikan sebagai sarana atau saluran dan online diartikan sebagai terhubung dengan internet.

Media online yang paling berpengaruh dalam penyampaian informasi adalah blog. Sudah bukan rahasia umum lagi ketika  kita berbicara mengenai salah satu media online ini. Semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang mencari informasi secara online, maka semakin banyak juga media online ini dimanfaatkan.

Namaku adalah Blog

Blog adalah sebuah aplikasi berbasis web yang informatif di dalamnya memuat beragam fitur yang dibutuhkan untuk membuat konten yang ditulis oleh pengelola blog yang diakses melalui internet yang memanfaatkan mesin pencari (Google, Bing, dan lain-lain) dalam menemukannya. 

Orang yang menggunakan blog disebut dengan blogger, blogging atau istilah lainnya, namun di Indonesia sering disebut sebagai blogger. Saya bersyukur sekali dapat mengenalnya dan juga dapat menggunakannya sebagai wadah inspirasiku yang dapat dibaca oleh khalayak umum. 

Ini adalah blogku yang pertama dan aku menganggap blog ini sebagai rumahku sendiri. Aku menyayanginya dari sini aku mulai belajar banyak hal mengenai internet tidak hanya itu dari sini saya juga belajar menulis dan menuangkan ide-ideku dalam tulisan.

Problema Awal di Kalangan Blogger

Sering sekali saya menjumpai beberapa pertanyaan seperti ini di komunitas blogger “Ane pingin buat blog, enaknya pakai platform apa ya???”,”Platform buat ngeblog yang bagus apa yaaa??”. Itulah masalah awal yang kerap ditemui oleh blogger pemula, persis seperti saya dulu yang bingung pakai platform apa.

Kalau kita lihat ada banyak situs yang memberikan layanan untuk membuat blog secara gratis, namun kerap kita sendiri bingung ingin menggunakan yang mana.

Nih, Pesan Saya untuk Kalian yang Pingin Buat Blog,
tapi Masih Bingung mau Pakai Platform yang Mana

Platform tidak dapat dijadikan sebagai tolok ukur untuk mengukur kualitas blog, yang menjadi tolok ukurnya hanya satu, yaitu ada di dalam diri kita sendiri sebagai pengelola blog tersebut, bagaimana kita memanfaatkan layanan tersebut sehingga menghasilkan sebuah blog yang berkualitas dari sisi konten dan lainnya.

Nih, Saya Ada Rekomendasi
Platform yang Bagus untuk Digunakan

Blogsaya.com Platform untuk Blogger

Yuk, Kenalan dengan Situs Blogsaya.com

Sudah kenal dengan situs kliksaya.com ? Kalau belum tahu, kliksaya.com itu sebuah situs periklanan online Indonesia yang berfungsi sebagai jembatan penghubung antara advertiser (pemasang iklan) dengan publisher (penayang iklan). 

Pada tanggal 27 Mei 2015, kliksaya.com resmi meluncurkan sebuah situs dengan alamat blogsaya.com dalam versi beta, yang berfungsi untuk memberikan layanan bagi para blogger di Indonesia untuk membuat sebuah blog secara gratis.

Blogsaya.com merupakan sebuah situs yang memberikan layanan kepada blogger di Indonesia untuk membuat blog secara gratis dan mudah. Dengan adanya blogsaya.com akan memberikan kemudahan bagi para blogger yang ingin mencoba sensasi dalam mengelola blog dengan fitur-fitur yang terbilang sangat bagus. Tidak hanya itu, blogsaya.com yang bekerja sama dengan kliksaya.com akan memberikan   Anda kesempatan untuk mencoba mendapatkan penghasilan dari blog.

Membuat Blog di Blogsaya.com

Membuat Blog di Blogsaya.com

Sangat mudah !! Sama halnya seperti daftar akun pada sosial media lainnya. Kita hanya mengisi kolom yang tersedia (Nama, Email, Sandi, Konfirmasi Sandi) kemudan tinggal tekan tombol daftar, namun jangan lupa untuk verfikasi email. Anda bisa mendaftar melalui tautan ini.

Ada kekurangan pada saat pengisian form login seharusnya ditambahkan tombol “Lupa Password”, jika nanti kalau saya lupa atau mungkin ada anggota yang lupa password akunnya. Namun kita bisa scroll ke bawah di sana ada tombol “Hubungi Kami” mungkin untuk saat ini itu solusi terbaik.
Membuat Blog di Blogsaya.com

Setelah login kita bisa langsung bisa membuat sebuah blog pada menu dashboard di sana ada tombol “+Blog Baru” berfungsi untuk membuat blog baru silahkan Anda tekan menu tersebut untuk membuat blog.

Membuat Blog di Blogsaya.com
Kita hanya tinggal memasukkan judul untuk blog kita kemudian url blog kita seperti; http://contoh.blogsaya.com, Oh iya, karena blogsaya.com terbilang masih baru, maka masih banyak nama blog yang bisa kita daftarkan di sana. Kemudian isi deskripsi blog sesuai dengan gambaran blog kita untuk kedepannya. Jika sudah tekan tombol “Buat Blog”.

Setelah daftar kita langsung dikasih 7 panduan yang berisi sebagai berikut:
  1. Memasukan profil blog 
  2. Mengubah tema
  3. Memasukkan posting
  4. Memasukkan gambar
  5. Membuat album
  6. Membuat halaman baru
  7. Mengatur tata letak

Blogsaya.com adalah layanan blog gratis artinya kita membuat sebuah blog menumpang kepada orang lain, jadi sebelum membuat kita bisa membaca syarat & ketentuan yang sudah dibuat oleh situs blogsaya.com.

Apakah bisa custom domain ? Saya sudah mencarinya, namun tidak ada. Semoga untuk kedepannya pihak blogsaya.com akan menambahkan fiturnya agar bisa custom domain.

Interface yang Keren

Antarmuka yang Bagus

Antarmuka atau bahasa kerennya interface, saat menggunakan aplikasi pertama kali yang saya nilai adalah antarmukanya kemudian fungsinya. Menurut saya antarmuka dari blogsaya.com sangat bagus dengan peletakan menu di sebalah kiri ditambah dengan perpaduan warna biru tua dengan biru muda membuat mata saya tidak bosan saat melihatnya.

Fitur yang Tersedia Apa Saja sih ?

Tidak main-main ! Blogsaya.com mempunyai fitur yang sesuai dengan kebutuhanku dalam mengelola blog untuk kedepannya. Blogsaya.com benar-benar serius dalam membangun situs ini untuk kalangan blogger Indonesia. Kita lihat fungsi dari setiap menu yang terletak di sebelah kiri.

Fitur dari Blogsaya.com

1. Dashboard

Ini adalah halaman utama ketika sudah login di situs blogsaya.com, dalam tempat ini kita bisa melihat statistik dari blog yang kita miliki antara lain statistik penghasilan yang datanya diupdate 1 jam sekali, statistik perkembangan dari referal kita, dan grafik pengunjung dari blog kita yang bisa diatur minimal 1 bulan hingga maksimal 3 bulan.

2. Referal

Berisi link referal yang kita miliki fungsinya apa ? Kalau ada teman kita yang bergabung dengan blogsaya.com melalui link referal kita, maka kita akan mendapatkan komisi ketika teman kita kedepannya mendapatkan penghasilan melalui blogsaya.com. 

Sistemnya Setiap kali teman kita mendapatkan pembayaran komisinya, maka blogsaya.com akan memberikan komisi tambahan sebesar 10% kepada kita. Untuk orang yang direkrut oleh teman yang daftar melalui link referal kita, akan menjadi downline tingkat 2 kita dan kita akan menerima komisi tambahan sebesar 1%. Komisi untuk downline tingkat 3 adalah 0,1%, tingkat 4 sebesar 0,01% dan selanjutnya.

3. Posting

Halaman ini berfungsi sebagai tempat untuk membuat artikel untuk blog kita. Kebutuhanku sudah tercukupi, sudah lengkap dari block styles, bentuk paragraf, gaya font, ukuran font, tambah gambar, dan masih banyak lagi. Ini sudah memudahkan saya untuk kedepannya jika ingin membuat artikel. 

Ada satu hal yang kurang, yaitu “pratinjau” sebelum artikel dipublikasikan biasanya saya melakukan pengecekan artikel dengan memanfaatkan pratinjau untuk melihat apakah artikel saya ada yang rumpang. Di blogsaya.com masih belum adanya fitur pratinjau saat pembuatan artikel dan ini yang kurang menurut saya karena fitur ini sangatlah penting bagi saya mungkin juga penting bagi para blogger yang menggunakan layanan ini.

4. Kategori Posting

Semenjak 2 tahun menjadi seorang blogger untuk pertama kalinya aku melihat fitur ini. Keren, ini mengelompokkan seluruh kategori yang ada di blog untuk memudahkan kita pada nantinya jika ingin mengubah artikel dan keperluan lainnya. Efisiensi waktu ini salah satunya dengan adanya fitur ini, jadi tidak memerlukan waktu yang lama dalam mencari artikel kita yang sudah tertimbun dengan artikel lainnya.

5. Daftar Halaman

Ini tempat daftar halaman yang penting untuk blog seperti about, privacy police, term of service, disclaimer, dan lain-lain yang berhubungan dengan blog kita. Kita bisa membuat halaman itu sendiri pada tempat ini.

6. Gambar

Oh iya, saat membuat posting saya mencoba untuk menambahkan sebuah gambar, namun saya tidak bisa karena gambar pada galeri di akunku masih kosong. Jadi kita harus menambahkan gambar pada galeri di akun kita melalui menu “Gambar” agar nanti kita bisa menambahkan sebuah gambar pada saat membuat posting, jika galeri gambar kita kosong, maka kita tidak bisa menambahkan gambar pada saat membuat artikel.

Hal ini juga baru saya lihat, mungkin sedikit masukan dari saya agar pihak blogsaya.com, yaitu untuk bisa langsung menambahkan gambar pada saat membuat artikel tanpa harus menambahkan gambar yang dibutuhkan ke galeri terlebih dahulu.

7. Album Gambar

Ini berguna untuk pengelompokan gambar karena walaupun tersimpan pada galeri, namun akan terlihat acak jika tidak dibuatkan albumnya. Maka menu ini berfungsi untuk memenuhi kebutuhan tersebut untuk mengelompokkan gambar agar lebih terlihat rapi atau juga bisa memudahkan kita jika kita memerlukan gambar melalui galeri.

8. Komentar

Menu ini berfungsi untuk menampung semua komentar yang ada di blog kita. Komentar yang ditampung adalah komentar dari admin dan komentar dari pengunjung. Kita juga bisa menghapus komentar yang tidak kita suka. Pokoknya menu ini berhubungan dengan semua komentar yang terjadi di blog kita.

9. Pengaturan

Menu ini berhubungan dengan seluruh pengaturan yang ada di blog kita meliputi akun dan blog. Dibedakan menjadi 2 antara lain akun dan blog.

A. Akun

Dalam menu ini terdapat :
  • Profil Akun
    Berisi profil kita seperti nama, alamat rumah, pos, jenis kelamin, dan tanggal lahir. Kita juga bisa mengganti foto profil akun kita di sini.
  • Ubah Password
    Mengelola password, di sini kita bisa mengelola password akun kita dan juga kita bisa mengganti password akun kita melalui menu ini.
  • Ubah Email
    Jika terjadi suatu dengan email kita semisal kita lupa dengan email yang kita gunakan untuk mendaftar, tenang ! Melalui menu ini kita dapat mengubah email akun kita dengan mudah.
  • Data Bank
    Karena kedepannya kita akan menghasilkan dan pembayarannya hanya dapat dilakukan melalui transfer bank, maka wajib mempunyai kartu ATM. Oleh sebab itu menu ini berfungsi sebagai tempat informasi bank yang kita miliki.
  • Hapus Akun
    Berfungsi untuk menghapus akun kita, namun jika kita menghapus akun, maka seluruh blog yang terikat dengan akun yang kita hapus juga akan ikut terhapus, maka berhati-hatilah saat menggunakan fitur ini.

B. Blog

Dalam menu ini terdapat :
  • Blog Aktif
    Berfungsi untuk mengelola blog yang kita miliki jika lebih dari satu, jadi kita bisa menentukan mana nih blog yang kita pilih sebagai blog yang aktif. Maksudnya ? Saat kita berkomentar ke sesama blogger yang menggunakan blogsaya.com, maka nanti nama yang muncul saat berkomentar adalah blog yang kita pilih aktif.
  • Profil Blog
    Menampilkan informasi blog kita seperti ; Judul, Alamat Url, dan Deskripsi blog. Kita juga bisa mengganti informasi mengenai blog kita, namun hanya sebatas pada judul dan deskripsi blog.
  • Tema
    Ini tempat untuk mengganti tema di blog kita karena istimewa fitur ini akan saya bahas setelah saya menulis fitur ini.
  • Tata Letak
    Berfungsi untuk mengatur widget yang ada di blog kita agar terlihat rapi. Kita juga bisa menambahkan widget atupun menghapus widget yang tidak kita perlukan.
  • Link
    Seandainya kita memiliki blog favorit dan kita ingin menampilkannya di blog kita, bisa. Dengan fitur ini Anda hanya perlu menambahkan link dan juga judul dari blog favorit kita. Nah untuk menampilkannya kita harus mengaturnya melalui tata letak kemudian tambah sidebar pilih bagian "Link", maka blog favorit kita akan tampil di blog kita.
  • Kode Google Analytic
    Berfungsi untuk menempatkan kode Google Analytic blog kita karena sangat penting sekali untuk memantau perkembangan blog dengan memiliki kode Google Analytic. Namun hal yang menurut saya kurang adalah apakah kita bisa menempatkan kode Google Webmaster pada blog kita. Semoga untuk kedepannya blogsaya.com sudah dapat menambahkan kode Google Webmaster.
  • Hapus Blog
    Menu ini berfungsi sebagai tempat jika kita ingin menghapus blog yang kita miliki, namun tidak menghapus akun kita.

10. Notifikasi

Menu ini terletak di sebelah kanan atas dengan berbentuk lonceng yang berfungsi untuk memberitahu kita aktivitas pengunjung yang ada di blog kita seperti pemberitahuan komentar, mengikuti blog, dan pemberitahuan yang lainnya.

11. Emoticon

Berguna untuk berkomentar pada postingan blog sendiri atau blog orang lain dengan adanya fitur ini, kita jadi lebih mudah dalam mengekpresikan keadaan kita.

Fitur dari Blogsaya.com

Saat berkomentar pada artikel sesama pengguna blogsaya.com, kita bisa menambahkan emoticon yang sudah disediakan oleh pihak blogsaya.com.

12. Jelajahi Blogsaya

Fitur dari Blogsaya.com

Terhubung dengan sesama pengguna blogsaya.com, inilah yang penting salah satu fitur yang membuat kita bisa berinteraksi dengan sesama blogger, kita bisa mengunjungi blog mereka dan kita juga bisa berkomentar di blog mereka ataupun sebaliknya.

Seluruh konten yang dipublikasikan oleh pengguna dapat kita temukan dalam Jelajahi Blogsaya, bahkan kita bisa memfilter konten apa saja yang bisa tampil di halaman ini seperti pada menu sebelah, kita hanya perlu mencentang konten yang kita inginkan konten gambar atau posting, terserah kita.

Oh iya, untuk tambahan mungkin untuk kedepannya harus ditambahkan jenis kategori konten yang tampil semisal kesehatan, berita teknologi, dan lainnya. Jadi semisal kita pencinta berita teknologi, maka kita hanya perlu mencetang berita teknologi dan yang muncul pada halaman Jelajahi Blogsaya hanya konten yang berhubungan dengan teknologi.

Pelayanan yang Memadai

Sebagai pengguna sudah semestinya kita menginkan sebuah layanan yang baik sesuai dengan keinginan kita. Sebagai pengguna awal biasanya kita bingung dengan lingkungan baru yang kita tempati. Nah, kita tidak perlu bingung karena blogsaya.com sudah menyediakan 3 halaman yang terletak di bawah untuk keperluan kita antara lain
  • Panduan
    Lengkap ! Pada halaman ini akan menjelaskan tata cara dalam mengelola blog yang telah disediakan oleh blogsaya.com.
  • Syarat & Ketentuan
    Sudah saya jelaskan di atas bahwa kita menumpang pada layanan orang lain, maka sebagai tamu sebaiknya kita mematuhi segala ketentuan yang telah dibuat oleh tuan rumah. Nah pada halaman ini sudah dijelaskan peraturan dan juga tentunya ketentuan kita sebagai blogger di blogsaya.com, kita harus mematuhinya.
  • Hubungi Kami
    Ada hal yang perlu kita tanyakan ? tenang blogsaya.com sudah menyediakan halaman khusus untuk menampung hal-hal yang ingin kita tanyakan. Jadi kita tidak usah bingung jika ada suatu hal yang tidak kita mengerti.

4 Alasanku
Menggunakan Blogsaya.com

-----------------------------------------------------

1. Gratis

Yang pertama adalah gratis, sudah jelas dengan layanan yang sangat baik kita tidak perlu membayar lagi untuk menggunakan layanan. Kita bisa menggunakan layanan yang ada sesuai dengan kehendak kita, namun jangan lupa untuk membaca syarat & ketentuan terlebih dahulu.

Tidak sepenuhnya gratis, kita bisa menikmati semua layanan yang ada dengan gratis, namun tidak semuanya gratis, kita hanya perlu membayar biaya untuk koneksi internet.

2. Kaya akan Fitur

Kaya Fitur


Blogsaya.com memiliki fitur yang begitu baik sesuai dengan kebutuhanku sebagai seorang blogger untuk mengelola blog untuk kedepannya. Walaupun masih ada beberapa fitur yang masih belum tersedia di blogsaya.com, namun saya yakin untuk kedepannya blogsaya.com akan mengalami peningkatan dari segi layanan maupun fitur yang akan mempermudah para blogger Indonesia dalam mengelola blognya.

3. Template yang Responsive

Template yang Responsive

Tampilan, saya selalu memperdulikan tampilan blog yang saya miliki karena saya yakin hal pertama yang dilihat oleh pengunjung adalah tampilan blog setelah itu baru konten yang ada. Di Blogsaya.com sendiri telah menyediakan sebanyak 62 template gratis dan tentunya responsive untuk penggunanya.

62 template itu waktu saya hitung saat pembuatan artikel ini, saya tidak tahu untuk kedepannya sudah pasti akan ditambah oleh pihak blogsaya.com, setiap template memiliki kategori yang berbeda seperti; belanja online, sepakbola, vintage, romantis, karir, fotografer, pantai, kesehatan, edukasi, notebook, smartphone, dan lainnya.

4. Menghasilkan Uang


Menghasilkan Uang

Inilah salah satu keuntungan jika kita membuat blog di blogsaya.com, karena blogsaya.com bekerja sama dengan kliksaya.com. Jadi saat kita membuat blog, maka secara otomatis script iklan dari kliksaya.com sudah terintegrasi di blog yang baru kita buat.

Tinggal membuat artikel kemudan mengelola blog dengan benar hingga akhirnya mendapatkan pengunjung yang banyak, maka penghasilan akan mengikuti kita. Ada yang bilang pengunjung berbanding lurus dengan penghasilan, dan saya mengakui itu.

Untuk detail penghasilan kita bisa melihat pada menu Dashboard di sana akan ada laporan mengenai penghasilan kita. Kita dibayar apabila saldo akhir bulan komisi kita sudah berada diatas Rp. 100.000, maka komisi akan ditransfer pada bulan berikutnya paling lambat tanggal 15 dengan pengirimian melalui transfer Bank.

“Kalau aku gak punya kartu ATM bagaimana ?” Tidak bisa, karena pembayaran hanya bisa dilakukan melalui transfer bank. Ingatlah ngeblog itu gak hanya cari uang, namun belajar untuk berbagi dengan sesama. Dalam blog uang itu bukanlah tujuan pertama bagi seorang blogger.

Kesimpulan

Tidak peduli kita menggunakan platform apa saat ngeblog yang pasti itu bukan sebagai tolok ukur untuk mengukur seberapa kualitas blog yang kita miliki yang menjadi tolok ukurnya adalah kita sebagai pengelola blog tersebut. Ngeblog itu dibutuhkan kreativitas dalam membuat kontennya, jangan pernah jadi seorang blogger yang malas tugas kita adalah membuat konten yang bermanfaat bagi pengunjung. Blogsaya.com sudah memberikan layanan yang baik mungkin masih ada sedikit fitur yang masih belum tersedia, tapi saya yakin untuk kedepannya blogsaya.com akan berkembang menjadi salah satu platform blog terbaik khususnya di Indonesia, terima kasih.

Artikel Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan Lainnya :

8 komentar:

  1. kok di website kliksaya belum ada pengumuman pemenang ya, katanya akan diumumkan awal mei, ini sudah pertengahan mei tapi belum ada pengumuman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya masih belum ada beritanya ditunggu aja gan. Soalnya nanti kalau ada perubahan akan ditampilkan di berita

      Delete
  2. Haduh ko gk jelas ya, kek di PHP gitu ya... jgn2 alibi mw perpanjang waktu kontes tu ms. jadi was2 mw perbanyak postingan di blogsaya.

    ReplyDelete
  3. Manteb gan barusan lihat pengumuman ternyata juara 3 ni dlm kontes blogsaya. Selamat boss

    ReplyDelete
  4. Kalau mau nulis artikel atau di halaman kok gak ada versi html ya gan gk kaya di blogspot atau wordpress.. misal saya mau bikin halaman contact Form dan saya mau bikinya versi html.. ada solusi gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin masih belum ada gan ditunggu saja ya. Saya juga bukan dari pihak pengembang blogsaya.com, bakal susah ya kalau gak ada versi html kalau nulisnya hehehehe

      Delete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik terima kasih sudah berkunjung.

Copyright © 2015 Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan