Mengenal Operator Penelusuran Google

Artikel terkait : Mengenal Operator Penelusuran Google

Operator Penelusuran Google

Menjadi salah satu penguasa di ranah mesin pencari, Google berhasil menjadi mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia. Memberikan layanan yang terbaik dengan menampilkan informasi yang relevan dengan apa yang kita cari, itulah tugas mesin pencari satu ini.

Dalam mencari sebuah informasi kita pasti menginginkan mendapatkan informasi yang terbaik dari semua informasi yang ditampilkan oleh Google Search Engine. Terkadang kita kecewa dengan informasi yang ditampilkan yang tidak sesuai dengan kata kunci yang kita telusuri, namun kasus seperti ini masih banyak kah ?

Saya merasa sekarang ini algoritma milik Google benar-benar sudah baik, ia berhasil memberikan hasil yang relevan dengan kata kunci yang kita ketikkan.

Apakah kalian tahu bahwa Google itu memiliki beberapa operator penelusuran yang dimana jika kita kombinasikan antara kata kunci dengan operator ini akan menghasilkan sebuah informasi yang lebih spesifik. Berikut ini operator-operator tersebut.

Tanda Baca dan Simbol

Operator Penelusuran Google

1. ( " ) Quotes

Saat kita meletakkan sebuah kata di dalam tanda kutip tersebut, maka kita memerintahkan kepada mesin pencari untuk menampilkan kata tersebut tanpa terputus-putus.

Semisal seperti contoh di atas "Belajar Linux Dasar", kombinasi ini akan menghasilkan kata yang di dalam kutip tersebut secara urut tanpa terganggu oleh kata-kata lain.

Semisal Belajar Linux Pemula Dasar, dan lain-lain.

Operator Penelusuran Google

2. ( - ) Setrip

Terkadang saat kita mencari informasi pasti kita sering melihat situs wikipedia nongkrong di peringkat satu pencarian Google.

Nah, jika kita tidak menginginkan situs wikipedia muncul di dalam hasil pencarian yang kita inginkan, cukup dengan menggunakan tanda setrip.

Contohnya kata kunci -site:wikipedia.org.

Nah coba lihat gambar di atas, saya mencoba mencari sebuah informasi dengan kata kunci "Linux", namun aku pingin nih situs wikipedia tidak ditampilkan pada hasilnya nanti, ya cukup gunakan tanda setrip dan beres.

Operator Penelusuran Google

3. ( . . ) Dua titik

Biasanya digunakan untuk mencari suatu barang dengan harga kisaran.

Lihat pada gambar di atas saya mencoba mencari sebuah laptop dengan harga Rp.3000.000 sampai dengan Rp.6.000.000, tapi masih ada angka yang kurang atau lebih dari kata kunci yang tertulis di deskripsnya lihat Rp. 8.130.000 sama Rp.2.300.000, tapi teks nya tidak diblok.

Operator Penelusuran Google

4. Site:

Mendapatkan hasil dari suatu situs atau domain seperti halaman yang sudah ter-indeks oleh mesin pencari.

Mungkin kalau kalian seorang blogger setelah membuat artikel ingin melihat artikelnya sudah diindeks atau belum, cukup dengan site:namadomain.ektensi, ingat tanpa spasi ya atau bisa lihat pada contoh gambar di atas, semua yang ditampilkan berhubungan dengan situs ini.

Operator Penelusuran Google

5. Info:

Mendapatkan sebuah informasi dari sebuah alamat web seperti cache, tautan terkait atau halaman yang serupa.

Artikel Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan Lainnya :

0 komentar:

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik terima kasih sudah berkunjung.

Copyright © 2015 Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan