Cara Melihat Alamat IP Address di Linux Lewat Terminal

Artikel terkait : Cara Melihat Alamat IP Address di Linux Lewat Terminal

Ketika Anda sedang terhubung oleh Internet, data Anda pasti akan tercatat oleh internet begitu juga dengan alamat Anda sudah pasti akan tercatat oleh internet yang di sebut dengan ip addres.

Apa itu IP Addres ?

Menurut wikipedia, Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antara 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP. Pada umumnya IP Address terbagi menjadi 2 yaitu ip public dan ip private.
  • IP Public
    Sebuah alamat IP public yang ditugaskan untuk setiap komputer yang terhubung pada internet dimana setiap IP adalah unik. Maka akan tidak bisa ada dua komputer dengan alamat IP publik yang sama dalam seluruh Internet.  Pengguna tidak memiliki kontrol atas alamat IP (publik) yang diberikan ke komput Alamat IP publik ditugaskan untuk komputer oleh Internet Service Provider secara langsung setelah komputer terhubung ke gateway Internet. Sebuah alamat IP public dapat berupa statis atau dinamis. Sebuah alamat IP public static tidak dapat berubah dan digunakan terutama untuk hosting halaman Web atau layanan di Internet. Di sisi lain sebuah alamat IP publik yang dinamis dipilih dari sebuah pool yang tersedia pada alamat dan perubahan masing-masing terjadi satu kali untuk menghubungkan ke Internet. Sebagian besar pengguna internet hanya akan memiliki IP dinamis yang bertugas untuk setiap komputer. Ketika terjadi disconnected atau jaringan terputus apabila menghubungkannya kembali maka otomatis akan mendapat IP baru.

  • IP Private
    Sebuah alamat IP dianggap pribadi jika nomor IP termasuk dalam salah satu rentang alamat IP untuk jaringan pribadi seperti Local Area Network (LAN). Alamat IP Private/Pribadi yang digunakan untuk penomoran komputer dalam jaringan pribadi termasuk rumah, sekolah dan LAN bisnis di bandara dan hotel yang memungkinkan komputer dalam jaringan untuk berkomunikasi satu sama lain. Katakanlah misalnya, jika jaringan X terdiri dari 10 komputer masing-masing dapat diberikan IP mulai dari 192.168.1.1 ke 192.168.1.10.

Langkah Kerja

IP address berguna untuk alamat mengirimkan sebuah paket, misalnya file atau gambar.
Dengan begitu, IP address sangat penting untuk diketahui oleh seorang admin jaringan. Namun, tidak semua orang mengerti bagaimana cara mengecek IP Address. Oleh karena itu, jika anda ingin melihat ip address Anda berikut ini bagaimana mengetahui IP address di Linux lewat terminal yang bisa dilakukan dengan mudah dengan melakukannya melalui terminal.
  • Buka terminal lalu ketik "ifconfig".
Catatan
  • Untuk IP Address terletak pada pp0 inet "inet addr:10.223.170.176"

Penutup

Singkat saja untuk artikel mengenail cara melihat alamat ip address di linux lewat terminal, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan Lainnya :

2 komentar:

  1. klw ingin melihat ip addres pengguna yang terhubung ke jaringan di sekitar kita, dgn menggunkan linux , bgaimna cranya gan..??

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik terima kasih sudah berkunjung.

Copyright © 2015 Iyungtux.web.id - Media Informasi Anak Rumahan